Jamiah, Ruslaila (1997) Pengaruh Interaksi Siswa Sltp Dengan Anak Putus Sekolah Terhadap Minat Belajar (Studi Pada Kelurahan Pahandut Kotamadya Palangkaraya). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
233_RUSLAILA JAMIAH_9115011753_1997.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pada komplek pemukiman kelurahan pahandut Kotamadya Palangkaraya yaitu komplek pemukiman Pasar Baru, Komplek pemukiman Rindang Banua dan komplek pemukiman Bengkel, terdapat banyak anak putus sekolah dan pada pemukiman yang sama pula masih banyak anak- anak yang masih bersekolah dari tingkat SD, SLTP maupun SLTA, karena mereka tinggal pada lingkungan yang sama, maka terjadi Interaksi antara mereka terutama siswa SLTP dan biasanya Interaksi tersebut berjalan sepanjang hari. Keterlibatan mereka berinteraksi tersebut diduga dapat mengganggu minat belajar mereka baik di rumah maupun di sekolah. Oleh karena itu perlu diteliti dengan rumusan masalah : Bagaimana Interaksi yang terjadi antara siswa SLTP dengan anak putus sekolah, bagaimana minat belajar siswa SLTP yang berinteraksi dengan anak putus sekolah, dan Apakah ada pengaruh Interaksi siswa SLTP dengan anak putus sekolah terhadap minat belajar. Untuk itu diajukan hipotesa: Interaksi siswa SLTP dengan anak putus sekolah mempunyai hubungan dengan minat belajar siswa, Interaksi siswa SLTP dengan anak putus sekolah berpengaruh terhadap minat belajar, dan semakin tinggi Interaksi siswa SLTP dengan anak putus sekolah, maka semakin rendah minat belajar siswa tersebut.
Untuk permasalahan menjawab dikumpulkan data dari sumber di tertulis atas, dan maka tidak tertulis dengan jumlah populasi sebanyak 109 orang. siswa SLTP yang berinteraksi dengan anak putus sekolah, kemudian untuk menentukan sampel digunakan tehnik Qouta Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 42 orang responden, penggalian data digunakan tehnik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Selanjutnya diolah, disajikan dan dianalisa baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Untuk menguji hubungan antara Interaksi siswa SLTP dengan anak putus sekolah terhadap minat belajar digunakan uji korelasi Product Moment dilanjutkan dengan t Hitung dan rumus analisa Regresi Linier.
penelitian di komplek pemukiman Kelurahan Pahandut, hasil penelitian menunjukkan bahwa Interaksi siswa SLTP dengan anak putus sekolah prosentase terbesar berada pada kualifikasi Tinggi 2,4 3,0 (47,62 %), dengan Sedang dengan Interval skoring Interval skoring 1.8 2,3 (30,95%), dan Rendah dengan Interval skoring 1,25 1,75 (21,43%).
Selanjutnya minat belajar siswa SLTP yang berinteraksi dengan anak putus sekolah pada tiga komplek pemukiman di Kelurahan Pahandut Kotamadya Palangkaraya ternyata presentase terbesar berada pada kualifikasi Sedang dengan Interval skoring 1,8 2,3 (57.15%), Tinggi dengan Interval skoring 2.4 3,0 (23,81%) dan Rendah dengan Interval skoring 1,2 (19,04%). 1,7.
Setelah diadakan penelitian pada tiga lokasi penelitian di Kelurahan Pahandut Kotamadya Palangkaraya hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara Interaksi siswa SLTP dengan anak putus sekolah terhadap minat belajar di mana diperoleh nilai r 0,66.
Selanjutnya setelah nilai 0,66 dianalisa dengan dihitung, maka diperoleh nilai sebesar yang bila dikonsultasikan dengan 5.56. tabel pada dr terdekat yaitu 40 dengan taraf signifikan 5% 2,02 diperoleh taraf kepercayaan 95% dan pada taraf signifikan 1% 2,71 diperoleh taraf kepercayaan 99%, dan ternyata t hitung dari tabel, sehingga На diterima yang berarti pengaruh Interaksi siswa SLTP dengan anak putus sekolah terhadap minat belajar cukup meyakinkan. Kemudian mengenai tingkat pengaruh kedua. variabel di atas, diperoleh nilai regresi linier yaitu a 3,05 dan b 0,46 yang berarti setiap kenaikan. satu satuan variabel X, maka akan menyebabkan penurunan pada satu satuan variabel Y, dengan demikian semakin tinggi Interaksi siswa SLTP dengan anak putus sekolah, maka semakin rendah minat belajarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Putus Sekolah, Interaksi siswa, Minat belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 09:02 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 09:02 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5618 |
Actions (login required)
View Item |