Mansari, Nurtini (2016) Pelaksanaan strategi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Fiqih Kelas XI di MA Muslimat NU Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Skripsi NM.pdf Download (926kB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan sebuah proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh seorang guru dalam menetapkan dan menerapkan strategi, metode dan media yang sesuai dengan materi dan keadaan pserta didik dalam sebuah pembelajaran dikelas sehingga minat, semangat dan konsentrasi peserta didik dalam mengikuti pelajaran dapat dioptimalkan.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana persiapan strategi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Fiqih kelas XI di MA Muslimat NU Palangka Raya;? 2) bagaimana langkah-langkah strategi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran fiqih kelas XI di MA Muslimat NU Palangka Raya;? 3) bagaimana batas minimum ukuran keberhasilan startegi pembelajan kooperatif pada mata pelajaran kelas XI di MA Muslimat NU Palangka Raya?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru Fiqih. Informannya adalah 4 orang siswa. Objek penelitiannya adalah pelaksanaan strategi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran fiqih kelas XI di MA Muslimat NU Palangka Raya. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data digunakan untuk menjamin semua data yang diperoleh dan diteliti relevan dengan apa yang sesungguhnya ada. Kemudian dianalisis data melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Kooperatif pada mata pelajaran Fiqih kelas XI di MA Muslimat NU Palangka Raya sudah terlaksana dengan baik, dengan uraian sebagai berikut; 1)Persiapan guru yaitu menyusun terkait materi pembelajaran apa yang diajarkan, metode pembelajaran yang digunakan, langkah-langkah pembelajaran, serta batas minimum keberhasilan yang harus ditempuh dalam pelaksanaan strategi pembelajaran kooperatif ini. Selain itu juga guru mempersiapkan buku-buku penunjang terkait dengan materi yang diajarkan; 2)Langkah-langkah strategi pembelajaran kooperatif pada kegaiatan awal dimulai dengan menyapa dan memberikan motivasi,penyampaian materi saat proses pembelajaran, membagi tugas kelompok sesuai dengan keadaan siswa, dan memberikan penilaian. 3) batas minimum ukuran keberhasilan dalam pelakasanaan pembelajaran kooperatif yaitudapat dilihat dari kriteria ketuntasan atau standar nilai siswa pada mata pelajaran fiqih yang rata-rata nilainya 76.
ABSTRACT
The success of a learning process is strongly influenced by a teacher in setting and implementing strategies, methods and media appropriate to the material and circumstances students participant in a classroom learning so that interest, enthusiasm and concentration t students participant in following lessons can be optimized.
Issues raised in this research are: 1) how the preparation of cooperative learning strategies on the subjects of Fiqh classes XI at MA MuslimatNU in Palangkaraya;? 2) how the steps of cooperative learning strategyon the subject of fiqh class XI at MA MuslimatNU XI in Palangkaraya;? 3) how the minimum size limit learning cooperative strategy success on the subjectfiqhclass XI MAMuslimat NU in Palangkaraya?
This study used descriptive qualitative approach. The subjects were 1 teacher Fiqh. Informant were 4 students. The object of research was the implementation of cooperative learning strategy on the subjects of Fiqhclass XI MA MuslimatNUin Palangkaraya. The technique of collecting data were observation, interviews, and documentation. The validity of the data used to ensure all the data obtained and researched relevant to what actually exists. Then analyzed the data through several stages of data reduction, data presentation and conclusion.
Based on the results of this study concluded that the implementation of Cooperative Learning Strategy on the subjects of Fiqh classes XI MA MuslimatNUin Palangkaraya already performing well, with the breakdown as follows; 1) Preparation of teachers is compiling teaching materials related to what is being taught, the teaching methods used, the learning steps, as well as the minimum threshold of success that must be taken in the implementation of this cooperative learning strategy. In addition, teachers prepare supporting books associated with the content; 2) Measures cooperative learning strategies on early activity starts with a greeting and give motivation, conveying material when learning process, divide task group suit with condition of students, and gift assessment. 3) the limit of minimum measure success of students in implement cooperative learning were can be saw from criteria completeness or standard value students on subject fiqih who score average was 76.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran kooperatif; fiqih; Pendidikan Islam; cooperative learning strategy |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 02:38 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 02:38 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/555 |
Actions (login required)
View Item |