Penerapan metode mengajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas XI Madrasah Aliyah Asasus Salam Lupak Dalam Kabupaten Kapuas

Nasheh, Muhammad (2016) Penerapan metode mengajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas XI Madrasah Aliyah Asasus Salam Lupak Dalam Kabupaten Kapuas. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (642kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Asasus Salam Lupak Dalam hanya menggunakan metode yang sama pada setiap pembelajaran, oleh karena itu penulis melakukan penelitian untuk menegetahui metode apa saja yang digunakan pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Asasus Salam Lupak Dalam Kabupaten Kapuas.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). metode mengajar apa saja yang diterapkan pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Asasus Salam Lupak Dalam Kabupaten Kapuas, 2). Bagaimana penerapan metode mengajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Asasus Salam Lupak Dalam Kabupaten Kapuas.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode mengajar apa saja yang diterapkankan pada mata pelajarah Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Asasus Salam Lupak Dalam Kabupaten Kapuas dan bagaimana penerapannya.
Pendekatan yang digunakan ialah kualitatif jenis deskriptif, analisis data yang terdiri dari empat tahap, yaitu data collection (pengumpulan data), data reduction (pengurangan data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing / verifying (penarikan kesimpulan dan verifikasi), subjek penelitian yaitu guru mata pelajaran, informan adalah Kepala Sekolah dan 3 orang siswa kelas XI. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Nopember 2015-Januari 2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 3 yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). ada beberapa metode mengajar yang diterapkan pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Asasus Salam Lupak Dalam Kabupaten Kapuas yang termasuk dalam metode konsep pendekatan CTL yatitu metode ceramah, koopertif, diskusi, jigsaw dan tanya jawab. 2). Penerapan metode ceramah, koopertif, diskusi, jigsaw dan tanya jawab di Madrasah Aliyah Asasus Salam Lupak Dalam Kabupaten Kapuas sudah berjalan dengan baik hanya saja penerapan metode jigsaw tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Disimpulkan bahwa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Asasus Salam Lupak Dalam Kabupaten Kapuas metode-metode yang digunakan selaras dengan metode-metode yang seharusnya digunakan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, hanya pada penerapan metode jigsaw tidak sesuai dengan yang seharusnya. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan akan lebih efektif dan efesien apabila selain menggunakan metode yang seharusnya tetapi juga ditunjang dengan metode-metode lainnya yang sesuai.

ABSTRACT

The learning process in the subject of History of Islamic Culture at Madrasah Aliyah Asasus Salam Lupak Dalam only used similar learning method when it is occurred, therefore the writer conducted the research to know every methods that is applied on History of Islamic Culture at Madrasah Aliyah Asasus Salam Lupak Dalam Kapuas Regency.

The formulas in this research are 1). What are the teaching methods used on History of Islamic Culture at Madrasah Aliyah Asasus Salam Lupak Dalam Kapuas Regency, 2). How is the implementation of teaching methods on History of Islamic Culture at Madrasah Aliyah Asasus Salam Lupak Dalam Kapuas Regency.

The goals of this research are to know what the teaching methods are used on History of Islamic Culture at Madrasah Aliyah Asasus Salam Lupak Dalam Kapuas Regencyand how it implemented.

The approach was descriptive qualitative, data analysis consisted of four phases, they are data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing/verifying, subject of the research was a teacher, the informant was the principal and 3 students of XI class. This research was carried out on November 2015 – January 2016. The techniques of data collecting were observation, interview, and documentation.

The research findings showed that 1). It has some teaching methods applied on subject of History of Islamic Culture at Madrasah Aliyah Asasus Salam Lupak Dalam Kapuas Regency that is included in method of CTL approach concept were, lecture, cooperative, discussion, jigsaw,and inquire 2). The assembling of lecture, cooperative, discussion, jigsaw,and inquire method at Madrasah AliyahAsasus Salam LupakDalam Kapuas Regency was good but the implementation of jigsaw method was not appropriate properly.

It is concluded that in learning History of Islamic Culture at Madrasah Aliyah Asasus Salam Lupak Dalam Kapuas Regency methods were conforming to methods that should be used in learning History of Islamic Culture, but for the jigsaw method was not appropriate properly. The learning process of History of Islamic Culture will be efective and efficient if the available methods aided by others method which is agreeable.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; belajar mengajar; ceramah; penerapan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 06 Jun 2017 01:56
Last Modified: 06 Jun 2017 01:56
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/546

Actions (login required)

View Item View Item