Kamaliah, Kamaliah (2016) Upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an surah pendek siswa Kelas V MIN Banturung Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Skripsi Kamaliah.pdf Download (942kB) | Preview |
|
|
Text
Skripsi Kamaliah.pdf Download (942kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan keterampilan yang wajib dikuasai siswa sebagai harapan untuk menjadi anak soleh. Agar siswa memiliki kemampuan yang baik dan benar dalam membaca Al-Qur’an siswa MIN Banturung Kota Palangka Raya menjadi persoalan yang perlu di selesaikan oleh guru. Penelitian ini memfokuskan pada masalah 1) Bagaimana upaya guru meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`an surah pendek siswa kelas V MIN Banturung Kota Palangka Raya? 2) Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat guru kelas V dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa membaca surah pendek?
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seorang guru kelas V mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MIN Banturung Kota Palangka Raya. Data pada penelitian di kumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tahapan yaitu: Reduksi data, Data Display dan Conclusion Drawing/verifying.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`an surah pendek siswa kelas V MIN Banturung Kota Palangka Raya. Ada beberapa upaya guru yang dilakukan yaitu, metode ceramah, metode drill, metode tanya jawab, metode pembiasaan, penambahan jam pelajaran, memotivasi siswa, pengelompokan berdasarkan kemampuan dan pemberian hadiah atau pujian 2) faktor yang mendukung guru kelas V yaitu, siswa didik mempunyai semangat belajar yang tinggi, efektifitas guru dalam pembelajaran dan lingkungan pembelajaran yang mendukung. Sedangkan faktor yang menghambat guru yaitu, terbatasnya waktu pembelajaran Al-Qur`an di sekolah, yang hanya 1 kali dalam seminggu, dan kurangnya dukungan orang tua anaknya dalam belajar membaca Al-Qur’an di rumah.
ABSTRACT
Ability to read Al-Quran is a skill that must be mastered as a student hopes to become a pious child. So that students have good skills and correct in reading the Qur'an students MIN Banturung city of Palangkaraya a problem that needs to be resolved by the teacher. This study focuses on the problems 1) How ware the efforts of teachers improve reading ability Al-Qur`an short chapters grade V MIN Banturung city of Palangkaraya? 2) What are the factors that support and hinder grade V teachers in order to improve students' ability to read short chapters?
This study used descriptive qualitative method. This research subject is a fifth grade teacher subject Quran Hadith MIN Banturung city of Palangka Raya. Data in the study was collected through observation, interviews, and documentation. Data were analyzed by stages: data reduction, data display and Conclusion Drawing / verifying.
The results showed that: 1) Efforts to improve the ability of teachers to read Al-Qur`an short chapters graders V MIN Banturung city of Palangkaraya. There efforts of teachers who do that, lectures, drill method, question and answer method, method of habituation, adding hours of lessons, motivating students, ability grouping and giving gifts or compliments. 2) factors that support class room teachers V , educates students have the spirit of learning, teacher effectiveness in teaching and learning environments that support. While the factors that hinder teachers namely, the limited time Al-Qur`an learning in school, which is only 1 times a week, and the lack of parental support their children in learning to read the Quran at home.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya; kemampuan siswa; membaca; surah pendek Al-Qur’an; the ability of students; reading; short surah of the Qur'an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 26 May 2017 08:07 |
Last Modified: | 26 May 2017 08:07 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/532 |
Actions (login required)
View Item |