Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui pendekatan PAIKEM di SDN 1 Samuda Kecil Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun Ajaran 2015/2016

Humairah, Humairah (2016) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui pendekatan PAIKEM di SDN 1 Samuda Kecil Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (987kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I- BAB V.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I- BAB V.pdf

Download (573kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat penting diperhatikan karena bertujuan untuk membentuk siswa agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa serta mampu mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI melalui pendekatan PAIKEM di SDN 1 kelas IV Samuda Kecil (2) Apa problematika yang dihadapi guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran PAI kelas IV SDN 1 Samuda Kecil Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur. Adapun tujuan dari penelitian yaitu : (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan PAIKEM pada pembelajaran PAI di SDN 1 Samuda Kecil Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun Ajaran 2015/2016. (2) Untuk mengidentifikasi problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui pendekatan PAIKEM di SDN 1 Samuda Kecil Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif.Adapun subjek penelitian adalah siswa dan guru pendidikan Agama Islam yang mengajar di kelas IV SDN 1 Samuda Kecil Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur. Pengabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sedangkan analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu pengurangan data (Data Reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (Conclusion drawing).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan Pembelajaran PAI melalui Pendekatan PAIKEM di SDN 1 Samuda Kecil Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur sudah berjalan sesuai dengan kaidah. (2) Adapun Problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran PAI melalui pendekatan PAIKEM yaitu dalam penyampaian/ memberikan pelajaran pendidikan Agama Islam di SDN 1 Samuda Kecil Kecamatan Mentaya Hilir Selatan yaitu guru kurang memperhatikan keadaan siswa. Sedangkan problematika siswa dalam pembelajaran PAI melalui Pendekatan PAIKEM terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal.

ABSTRACT

Islamic Religious Education Learning is very important to note because it aims to form students to become a man of faith and devoted and able to practice the teachings of Islam in daily life. The issues raised in this study were (1) How Islamic Religious Education Learning in Implementing through PAIKEM Approach in SDN 1 at IV Class Samuda Kecil. (2) What’s the problems faced by teachers and students in learning implementation Islamic Religious Educationin SDN 1 at IV Class Samuda Kecil in MentayaHilir Selatan district of KotawaringinTimur. The purposes of this study were : (1) Todescribe the implementation of learning Islamic Religious Education through PAIKEM approach at SDN 1 Samuda Kecil in MentayaHilir Selatan District of KotawaringinTimur 2015/2016 Academic Year. (2) To identify the problem of teaching Islamic Religious Education through PAIKEM approach at SDN 1 Samuda Kecil in MentayaHilir Selatan District of KotawaringinTimur ?

The study belonged to descriptive qualitative approach. The research subjects were student and teachers who teach Islamic education in the fourth grade at SDN 1 Samuda Kecil in MentayaHilir Selatan District of KotawaringinTimur. To analysis using three stages, namely data reduction, data display, and conclusion.

The results showed that (1) The implementation of learning Islamic Religious Education through PAIKEM approach at SDN 1 Samuda Kecil in MentayaHilir Selatan District of KotawaringinTimur 2015/2016 Academic Year going well. (2) The Problems faced by teacher in the implementation of learning Islamic Religious Education through PAIKEM approach at SDN 1 Samuda Kecil in MentayaHilir Selatan District of KotawaringinTimur that was in the delivery / give Islamic education lessons that teachers pay less attention to students’ psychological state. While the problem for students in Learning PAI through PAIKEM approach consists of internal factors and external factors.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran; Pendidikan Agama Islam (PAI); PAIKEM; Learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 24 May 2017 07:27
Last Modified: 24 May 2017 07:27
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item