Kinerja guru Pendidikan Agama Islam di SDN-1 Tawan Jaya Kabupaten Barito Utara

Saputra, Gunawan Ady (2016) Kinerja guru Pendidikan Agama Islam di SDN-1 Tawan Jaya Kabupaten Barito Utara. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi Gunawan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik apabila didukung oleh kinerja guru yang tinggi karena guru merupakan ujung tombak dan pelaksana terdepan pendidikan anak-anak disekolah, sebagai pengemban kurikulum. Guru yang mempunyai kinerja yang baik akan mampu menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik, yang pada akhirnya mampu meningkatkan kualitas pembelajaran.
Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam kompetensi pedagogik merencanakan pembelajaran di SDN- 1 Tawan jaya, 2) Bagaimana kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam kompetensi pedagogik melaksanakan pembelajaran di SDN- 1 Tawan Jaya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan objek penelitian kinerja guru Pendidikan Agama Islam. Sedangkan subyek penelitian adalah 1 orang guru Pendidikan Agama Islam di SDN- 1 Tawan Jaya Kabupaten Barito Utara dan informan kepala sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan 4 tahapan Data Collection, Data Reduction, Data Display dan Data Conclusion Drawing/ Verification.

Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam kompetensi pedagogik hal-hal yang dipersiapkan dalam perencanaan pembelajaran meliputi membuat RPP, Program Semester dan Program tahunan. Dalam pembuatan RPP, Program Semester dan Program tahunan belum adanya pembaharuan, program perencanaan yang digunakan masih menggunakan program pembelajaran yang lama (KTSP). (2) Kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam kompetensi pedagogik dalam pelaksanaan pembelajaran media yang digunakan ialah buku paket sebagai media yang utama dalam pembelajaran dan juga media penunjang seperti guru membuat bagan atau gambar yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Sedangkan metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan penugasan. Keterampilan guru dalam proses belajar mengajar belum semua dapat dilaksanakan dan diterapkan saat pembelajaran di kelas dikarenakan minimnya waktu pembelajaran disekolah tersebut.

ABSTRACT

The learning process will take place properly if it is supported by the performance of high teacher because the teacher is spearheading and implementing leading-edge education of children in school, as bearers of the curriculum. Teachers who have a good performance capable of producing student achievement better, which in turn will improve the quality of learning. This research has the 1) how the performance of Islamic religious education teachers in the pedagogical plan learning in SDN-1 Tawan Jaya, 2) how the performance of Islamic religious education teachers in the pedagogical implementation of learning in SDN- 1 Tawan Jaya.

This study used a qualitative approach, with the object of research performance of Islamic religious education teachers. While the research subjects of the Islamic religious education teachers in SDN- 1 Tawan Jaya Kabupaten Barito Utara and informants principals and students. Data collection techniques are observation, interviews and documentation. Then the data were analyzed by four stages of data that is Data Collection, Data Reduction, Data Display and Data Conclusion Drawing/Verification.

The result showed that (1) the performance of Islamic religious education teachers in pedagogical matters prepared in lesson planning involves making a lesson plan, Programs semester and annual program. In making the lesson plan, the semester program and the annual program has not renewals, program planning use still use the old learning program (Curriculum KTSP). (2) Performance of Islamic religious education teachers in pedagogic competence in the implementation of learning media used was the textbook as the primary medium for learning and teacher support such media also create charts or images related to learning materials. While the methods used in the study is the method of lecture, discussion, demonstration and deployment. Teachers’ skills in teaching and learning can not all be implemented and applied in the classroom due to the lack of learning time to the school.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja; Guru; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 24 May 2017 04:40
Last Modified: 24 May 2017 04:40
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item