Muwaddah, Indana Zulfa (2022) Efektivitas penggunaan e-modul fisika berbasis stem (science, technology, engineering, and mathematics) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI INDANA ZULFA MAWADDAH & 1801130418.pdf Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di MA Hidayatul Insan Palangka Raya, diperoleh kesimpulan bahwa dalam pembelajaran di kelas guru hanya menggunakan buku sebagai bahan ajar dan belum pernah menggunakan bahan ajar lain seperti e-modul. Kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik pun masih belum dimiliki secara maksimal dilihat dari hasil tes awal yang menunjukkan nilai rata-rata rendah.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah penggunaan e-modul fisika berbasis STEM dalam pembelajaran; 2) efektivitas e-modul fisika berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; 3) peningkatan kemandirian belajar peserta didik setelah penggunaan e-modul fisika berbasis STEM dalam pembelajaran; dan 4) efektivitas e-modul fisika berbasis STEM kemandirian belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mix method dengan model concurrent embedded. Metode primer yang digunakan adalah metode kuantitatif pre-experimental dan desain penelitian one-group pretest-posttest. Sedangkan metode sekunder yang digunakan adalah metode kualitatif sebagai pendukung data angket dan hasil wawancara kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini mengambil sampel dengan teknik sampel jenuh di kelas XI MIA MA Hidayatul Insan Palangka Raya. Waktu pelaksanaan penelitian ini adalah pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi perhitungan N-gain dan uji effect size. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes esai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis serta lembar angket, observasi, dan wawancara untuk mengukur kemandirian belajar peserta didik.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: 1) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik berdasarkan nilai N-gain sebesar 0,47 yang berada pada kategori sedang; 2) e-modul fisika berbasis STEM efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai effect size sebesar 2,32 pada kategori sangat tinggi; 3) terdapat peningkatan kemandirian belajar peserta didik berdasarkan nilai N-gain sebesar 0,30 yang berada pada kategori sedang; dan 4) e-modul fisika berbasis STEM efektif terhadap kemandirian belajar peserta didik dengan nilai effect size sebesar 1,03 pada kategori tinggi.
ABSTRACT
Based on the results of observations and interviews conducted at MA Hidayatul Insan Palangka Raya, was concluded that in classroom learning the teacher only used books as teaching materials and had never used other teaching materials such as e-modules. The critical thinking skill and independent learning of students was still not maximally owned, based on the results of the initial test that showed a low average score.
The research aims to determine: 1) an improvement of students’ critical thinking skill after using the STEM-based physics e-modules in learning; 2) an effectiveness of STEM-based physics e-modules towards students’ critical thinking skills; 3) an improvement of student learning independence after using STEM-based physics e-modules in learning; and 4) an effectiveness of using STEM-based physics e-module towards students’ learning independence.
This research used mix method with concurrent embedded model. The primary method used was pre—experimental quantitative method and one-group pretest-posttest design. While the secondary method used was a qualitative method to support obtaining the data. The data were obtained from questionnaires and interviews of students’ learning independence. The sample technique was saturation sampling of XI class MIA Hidayatul Insan Palangka Raya. The time of research was in the even semester of the 2021/2022 academic year. Data analysis technique included the acquition of N-gain and effect size test. The instruments were essay test questions to measure critical thinking skills, observation and interviews to measure students’ learning independence.
The results showed that: 1) there was an improvement of students’ critical thinking skills based on the N-gain value of 0,47 in the moderate category; 2) STEM-based physics e-module was effective on students’ critical thinking skills based on an effect size values of 2,32 in the very high category; 3) there was an improvement of students’ learning independence based on the N-gain value of 0,30 in the moderate category; and 4) STEM-based physics e-module was effective on students’ learning independence based on an effect size value of 1,03 in the high category.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Fisika; |
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 03:04 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 03:04 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5228 |
Actions (login required)
View Item |