Strategi pembelajaran tematik di RA Perwanida-1 Palangka Raya

Prameswari, Dwi Hidayanti (2016) Strategi pembelajaran tematik di RA Perwanida-1 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (DH).pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (DH).pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (DH).pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (DH).pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (DH).pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (DH).pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Pendidikan dimulai dari Usia Dini, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu upaya pembinaan yang ditunjukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsang pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan yang lebih lanjut.

Rumusan masalah penelitian : 1).Bagaimana strategi pembelajaran tematik di RA Perwanida-1 Palangka Raya. 2).Bagaimana tahapan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di RA Perwanida-1 Palangka Raya. 3). Bagaimana tahapan penilaian pada pembelajaran tematik di RA Perwanida-1 Palangka Raya. Penelitian ini dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian : SH guru kelas B2, sedangkan informen penelitian : kepala sekolah RA. Perwanida 1 dan TU Sekolah RA Perwanida-1 Palangka Raya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data dilakukan sejak pengumpulan data yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1)Pengumpulan Data (Collection Data). 2).Pengurangan Data (Data Reduction). 3).Penyajian data (data display). 4).Penarikan Kesimpulan (Conclusing Drawing).

Hasil penelitian menjelaskan bahwa 1).Strategi pembelajaran tematik di RA Perwanida-1 Palangka Raya yang peneliti khususkan hanya membahas metode dan media pembelajaran diketahui bahwa metode mengajar yang digunakan adalah metode tanya jawab, permainan, bercerita, karya wisata,bernyanyi. Tetapi metode yang paling disenangi oleh anak-anak yaitu metode bercerita. Adapun media yang digunakan pada pembelajaran tematik di RA Perwanida-1 adalah : buku-buku paket, buku referensi, buku cerita, gambar-gambar, nara sumber, benda atau hasil budaya, serta aneka media pembelajaran yang dibuat oleh gurunya dari barang bekas yang diolah sebagai media pembelajaran yang menarik. 2).Tahapan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di RA Perwanida-1 Palangka Raya. Tahapan Pelaksanaannya ada 3 tahap yaitu tahap awal, tahap inti , dan tahap penutup. 3).Tahapan penilaian pada pembelajaran tematik di RA Perwanida-1 Palangka Raya. Ada 4 tahap penilaian yaitu : a.Guru menyiapkan alat bantu penilaian, b.Mencatat hasil penilaian perkembangan anak pada kolom penilaian di Rencana pembelajaran harian, c.Merangkum hasil perkembangan harian seluruh anak pada format rangkuman bulanan d. Data hasil penilaian bulanan dimasukan pada rangkuman penilaian semester kemudian dituang kedalam raport siswa Tekhnik penilaian yang digunakan guru kelas B2 di RA Perwanida-1 Palangka Raya yaitu : Portofolio, Performance, penugasan hasil karya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi; pembelajaran tematik; thematic learning; RA Perwanida-1
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 28 Apr 2017 03:12
Last Modified: 28 Apr 2017 03:12
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item