Evi, Susanti (2015) Manajemen pendidikan life skills dalam membina Kemandirian vokasional santri (Studi Di Pondok Pesantren Babussalam Kabupaten Kapuas). Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
ABSTRAK EVI.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I EVI.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II EVI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III EVI.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV EVI.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V EVI.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI EVI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA EVI.pdf Download (218kB) | Preview |
Abstract
Pondok pesantren dalam perspektif pendidikan Islam sejatinya tidak hanya memperkaya pikiran para santri dengan penjelasan-penjelasan keilmuan agama belaka, tetapi juga menjadi agen perubahan dalam membentuk dan meninggikan moral, melatih mempertinggi semangat, menghargai nilai-nilai spiritual dan kemanusiaan, mengajarkan sikap dan tingkah laku yang jujur dan bermoral, bahkan juga kemampuan dalam menghadapi kehidupan masa depannya dengan pendidikan lifeskills yang didapati selama di pesantren. Pendidikan pesantren yang dijalankan secara bersama-sama antara kyai dan seluruh ustadz (guru) baik pada pelajaran agama maupun umum harus dibarengi dengan penerapan pendidikan kecakapan hidup dalam meningkatkan kemandirian santri setelah keluar dari pasantren. Hal inilah yang kemungkinan besar menunjukkan bahwa pesantren itu lebih unggul dalam mempersiapkan generasi handal yang mampu mencetak output yang siap pakai dan tangguh di tengah-tengah masyarakat.
Penelitian ini fokus pada manajemen pendidikan life skill dalam membina kemandirian vokasional santri pondok pesantren Babussalam Kapuas dengan perumusan masalah pada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan life skills dalam membina kemandirian vokasional santri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan implementasi manajemen pendidikan life skill dalam membina kemandirian vokasional santri di pondok pesantren Babussalam Kapuas.
Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif, yang menggambarkan makna dari data- data penelitian secara sistematis, faktual dan akurat dan dieksplor dalam bentuk potret nyata yang ada di lokasi penelitian.
Berdasarkan temuan penelitian diperoleh fakta bahwa manajemen pendidikan Lifeskills di pesantren Pesantren Babussalam Kapuas dapat meningkatkan Kemandirian vokasional santri setelah mereka keluar dari lembaga pendidikan tersebut. kemandirin tersebut ditunjukkan dengan kemampuan berfikir dan berbuat untuk diri sendiri, aktif, kreatif, kompeten, independen, mempunyai kecenderungan memecahkan masalah, tidak merasa takut mengambil resiko dan percaya terhadap penilaian sendiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 07:26 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 07:27 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/51 |
Actions (login required)
View Item |