Pengaruh kualitas pelayanan sales marketing pembiayaan elektronik dan furnitur terhadap kepuasan nasabah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Amanah Palangka Raya

Suharti, Suharti (2022) Pengaruh kualitas pelayanan sales marketing pembiayaan elektronik dan furnitur terhadap kepuasan nasabah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Amanah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI SUHARTI & 1804110278.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bank merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, yaitu jasa keuangan.Bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa kepuasan nasabah merupakan hal yang sangat penting sehingga faktor pelayanan mendapat prioritas utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pelayanan pada PT. BPRS Mitra Amanah dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPRS Mitra Amanah. Subjek penelitian kualitatif adalah Bapak Riyadi dan Ibu Teti Sugiarti dan informannya adalah pegawai sales marketing, untuk subjek penelitian kuantitatif adalah nasabah pembiayaan elektronik dan furnitur di BPRS Mitra Amanah jumlah sampelnya sebanyak 40 orang. Metode penelitian menggunakan metode mix methods (kualitatif dan kuantitatif). Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi.

Hasil penelitian pertama yaitu mekanisme pelayanan sales marketing belum efektif dikarenakan dana untuk brosur yang diberikan perusahaan belum mencukupi sehingga hal ini tidak memaksimalkan pelayanan sales marketing, hasil penelitian kedua yaitu dari hasil pengujian hipotesis H1 yaitu kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti maka saran untuk PT. BPRS adalah dengan membuat brosur yang menarik karena dengan hal ini bisa membuat calon nasabah tertarik menjadi nasabah pembiayaan elektronik dan furnitur di BPRS dan fokuskan lagi untuk promosi dan pembagian brosur ke daerah yang masih sedikit nasabahnya seperti di Kereng Bingkarai Kecamatan Sebangau Palangka Raya.

ABSTRACT

financial services. For companies engaged in services, customer satisfaction is very important so that the service factor gets top priority. This study aims to determine the service mechanism at PT. BPRS Mitra Amanah and to determine the effect of service quality on customer satisfaction at PT. BPRS Mitra Amanah. The subjects of the qualitative research are Mr. Riyadi and Mrs. Teti Sugiarti and the informants are sales marketing employees, for the quantitative research subjects are electronic and furniture financing customers at the Mitra Amanah BPRS with a sample of 40 people. The research method uses mixed methods (qualitative and quantitative). The data collection method used was observation, interviews, questionnaires,

The results of the first study are that the sales marketing service mechanism has not been effective because the funds for brochures provided by the company are not sufficient so that this does not maximize sales marketing services, the results of the second research are from the results of testing the H1 hypothesis that service quality has a positive and significant influence on customer satisfaction.

Based on the results of research conducted by researchers, the suggestions for PT. BPRS is make attractive brochures because this can make prospective customers interested in becoming customers of electronic and furniture financing at the BPRS and focus again on promotion and distribution of brochures to areas where there are still few customers, such as in Kereng Bingkarai, Sebangau District, Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Marketing; Bank Pembiayaan Rakyat Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 08 Dec 2023 04:20
Last Modified: 11 Dec 2023 04:27
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5067

Actions (login required)

View Item View Item