Wulandari, Nanik (2016) Penampilan Sales Promotion Girls (SPG) rokok syariah dalam perspektif marketing syariah di Kecamatan Jekan Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak (NW).pdf Download (794kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (NW).pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (NW).pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III (NW).pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV (NW).pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V (NW).pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI (NW).pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang penelitian ini adalah terdapat Sales Promotion Girls(SPG)di Kecamatan Jekan Raya beragama muslim yang bekerja menjadi SPG rokok yang dalam pengaplikasiannya melakukan pemasaran yang tidak sesuai dengan pemasaran syariah seperti memperlihatkan penampilan fisik yang seksi, berdandan berlebihan dan merayu konsumen. Dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai SPG di Kecamatan Jekan raya yang memperlihatkan penampilan fisiknya sebagai alat untuk mempromosikan produk kepada konsumen.Studi ini bertujuan untuk menjelaskan dan menjawab pertanyaan tentang (1) Bagaimana Sales Promotion Girls Dalam memasarkan Produk rokok? (2) Bagaimana Penampilan Sales Promotion Girls (SPG) Rokok dalam perspektif marketing syariah?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan populasi dan sample. Data penelitian dihimpun melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu data yang disajikan dengan kata-kata atau variable. Selanjutnya dianalisis memakai metode deskriptif dan disimpulkan dengan tekhnik analisis deduktif artinya data penelitian yang sifatnya umum kemudian dihubungkan dari pelaksanaan untuk mengetahui gambaran atau menjelaskan penjualan rokok dengan sistem promosi oleh sales promotion girls(SPG) yang sifatnya khusus untuk ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa:(1). Pemasaran Produk yang dilakukan (SPG) yaitu mereka memasarkan produk dengan memaksa konsumen untuk membeli produk rokoknya, dan transaksi yang mereka gunakan bukan berdasarkan atas unsur suka sama suka (taradin)seperti Q.S Ayat: 29 yang menganjurkan kita untuk bertransaksi berlandaskan akad suka sama suka, ridho-sama ridho, penampilan fisik SPG tidak mempengaruhi konsumen dalam membeli produknya. Hal ini dilakukan oleh sales promotion girls (SPG) untuk mendongkrak produk baru dari rokok tersebut. (2). Penampilan Sales Promotion Girls rokok syariah dalam perspektif marketing syariah bahwa SPG di Kecamatan Jekan Raya melakukan pemasaran tidak sesuai dengan pemasaran syariah karena proses yang digunakan dalam sistem ini dilakukan dengan lebih menonjolkan dari segi pakaian yang dikenakan sales promotion girl (SPG) yang memperlihatkan auratnya bukan karena kualitas barang yang dijual dalam penawaran tersebut tidak sesuai dengan ketentuan penawaran dalam Islam dan hal tersebut tidak perbolehkan dalam konteks Islam.
ABSTRACT
Background of this research is there Sales Promotion Girls (SPG) in District JekanRaya religious Muslim who worked the SPG cigarette in its application to marketing that does not comply with sharia marketing such a sexy show physical appearance, dress exaggerated and seduce of consumers. From the problems researchers are interested to know more about SPG in District Jekan Raya showing his physical appearance as a tool to promote products to consumers. This study aims to explain and answer questions about (1) How Sales Promotion Girls In marketing the products of cigarettes? (2) How to Form Sales Promotion Girls (SPG) Cigarette in shariamarketing perspective?
This research is a field research using population and sample. The research data were collected through observation and interviews. This research is qualitative data presented in words or variable. Subsequently analyzed using descriptive methods and concluded with deductive analysis technique means the general nature of research data is then connected from implementation to describe or explain the sale of cigarettes with a system of promotion by the sales promotion girls (SPG) that are specific to be concluded.
The results of this study concluded that: (1)Marketing is done (SPG) that they market the product by forcing consumers to buy a cigarette products, and transactions that they used were not based on elements of consensual (taradin) as QS Verse: 29, which encourages us to transact based contract was consensual, the same blessing, SPG physical appearance does not affect consumers into buying their products.This is done by a sales promotion girls (SPG) to boost new product from the cigarette. (2)Appearance Sales Promotion Girls non-sharia in the perspective of marketing sharia that SPG in District Jekan Raya do marketing is not in accordance with the marketing of sharia because of the process used in this system is done with more comfort in terms of the clothing worn sales promotion girl (SPG) which shows sexual intercourse with her not because the quality of the goods sold in the offering pursuant to the offer in Islam and it is not allowed in the context of Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sales promotion girls; SPG; penampilan; marketing syariah; Produk; pemasaran; rokok |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 07 Apr 2017 07:26 |
Last Modified: | 07 Apr 2017 07:26 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/471 |
Actions (login required)
View Item |