Gaya Kepemimpinan Dalam Pengembangan Kurikulum Pada Madrasah Aliyah (MA) Muslimat NU Kota Palangka Raya

Malikul, Rahman (2015) Gaya Kepemimpinan Dalam Pengembangan Kurikulum Pada Madrasah Aliyah (MA) Muslimat NU Kota Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
file 1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
file 2.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
file 3.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
file 4.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
file 5.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
file 6.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
file 7.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan lembaga pendidikan sangat bergantung pada kepemimpinan kepala sekolah, dalam memberdayakan SDM yang ada. Sehingga gagal dan berhasilnya sebuah organisasi pada lembaga pendidikan menjadi tanggung jawab kepala sekolah melalui kepemimpinannya. Salah satu faktor utama kemajuan sekolah dari sisi akademik akan terlihat dari kurikulum yang digunakan, karena kurikulum adalah alat untuk mencapai tujuan pendidikan.
Madrasah Aliyah (MA) Muslimat NU Kota Palangka Raya, adalah lembaga pendidikan dengan akrediatsi “A” yang dikelola oleh YPMNU. Sejak pendiriannya hingga sekarang hanya memiliki satu pimpinan. Sebagian guru menyatakan perlu adanya penyegaran. Dalam proses KBM, kurikulum yang digunakan masih minim dari ciri khas lembaga pendidikan Nahdatul Ulama. Indikatornya diketahui dari mata pelajaran ke NU an, hanya dialokasikan waktu 1 jam pelajaran. Inilah yang menjadi dasar Madrasah Aliyah (MA) Muslimat NU sebagai subyek penelitian ini.
Tujuan penelitian ini adalah 1). Memperoleh gambaran empiric tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah Madrasah Aliyah (MA) Muslimat NU Kota Palangka Raya. 2). Mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum pada lembaga pendidikan Pada Madrasah Aliyah (MA) Muslimat NU Kota Palangka Raya.
Permasalahanya adalah 1). Bagaimana Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah (MA) Muslimat NU Kota Palangka Raya ? 2). Bagaimana cara yang dilakukan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum pada Lembaga Madrasah Aliyah (MA) Muslimat NU Kota Palangka Raya ?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan naturalistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan diambil dengan purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing atau verivication). Sedangkan teknik pengecekan analisis data dilakukan dengan credibility melalui langkah perpanjangan pengamatan dan triangulasi sumber, dependability dan confirmability.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1). Kepala Madrasah Aliyah (MA) Muslimat NU Palangka Raya sudah melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara baik, tampaknya memiliki gaya kepemimpinan yang beroreintasi pada hubungan kemanusiaan (poeple oreinted) Gaya kepemimpinannya adalah gaya demokratis dan gaya situasional. 2). Pengembangan Kurikulum yang dilakukan oleh kepala Madrasah Aliyah (MA) Muslimat NU adalah dengan memberlakukan dua macam kurikulum yaitu KTSP pada kelas XII dan Kurikulum 2013 di kelas X dan XI. Hal ini terjadi adanya tuntutan bahwa, ditahun selanjutnya setiap lembaga pendidikan dalam proses KBM menggunakan kurikulum 2013. Sisi kelebihannya adanya penilaian secara holistik meliputi domain sikap, keterampilan dan pengetahuan. Untuk kurikulum pada mata pelajaran, pengembangan yang dilakukan adalah membuat sub-sub mata pelajaran Ke NU an yaitu mata pelajaran Al-qur’an, PPI dan Muhadarah.

English
The success of educational institutions is highly dependent on the leadership of the principal, in empowering the existing human resources. So failing and success of an organization in educational institutions is the responsibility of the principal throug his leadership. One of the main factors of the academic progress of schools will be seen from the curriculum used, because the curriculum is a tool to achieve educational goals.
Madrasah Aliyah (MA) NU Moslem city of Palangkaraya, is the institution with akrediatsi "A" managed by YPMNU. Since its establishment until now have only one leader. Some teachers expressed that should the refreshment. In the process of teaching, the curriculum used is still minimal characteristic of educational institutions NU. Known indicator of subjects to NU's, allocated only 1 hour lesson. This is the basis of Madrasah Aliyah (MA) NU's as the research subject of the rescard.
The purpose of this study was 1). Obtain empirical overview of the principal's leadership style Madrasah Aliyah (MA) NU Moslem city of Palangkaraya. 2). Knowing the style of principal leadership in curriculum development in educational institutions In Madrasah Aliyah (MA) NU Moslem city of Palangkaraya.
The issue is are 1). How Leadership Style Head Madrasah Aliyah (MA) NU Moslem city of Palangkaraya? 2). How can that be done Principal in curriculum development at the Institute of Madrasah Aliyah (MA) NU Moslem city of Palangkaraya?
This research uses qualitative research, with a naturalistic approach. Data was collected by interview, observation and documentation. Informants were taken by purposive sampling combined with snowball sampling. Data analysis technique is done by way of reduction of the data (data reduction), presentation of data (data display) and conclusion (conclusion drawing or verivication). While the technique of checking the credibility of data analysis done through an extension step observation and triangulation of sources, dependability and confirmability.
The results showed that: 1). Head Madrasah Aliyah (MA) NU Moslem Palangkaraya has been carrying out the duties and responsibilities as well, seems to have a leadership style that beroreintasi in human relations (poeple oreinted) style of leadership is democratic style and situational style. 2). Curriculum development conducted by the head of Madrasah Aliyah (MA) NU Moslem is to impose two kinds of curriculum is the curriculum in class XII and Curriculum 2013 in class X and XI. This occurs demands that, next year every educational institution in the process of teaching a curriculum of 2013. The sides advantages for holistic assessment domain includes attitudes, skills and knowledge. For the curriculum in subjects, the development is done is create a sub-sub to NU's subjects are subjects of the Qur'an, PPI and Muhadarah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 24 Mar 2017 03:52
Last Modified: 24 Mar 2017 03:52
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/453

Actions (login required)

View Item View Item