Implementasi dongeng dalam mengembangkan karakter anak usia dini di Desa Pematang Panjang Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan

Hidayanti, Nur (2021) Implementasi dongeng dalam mengembangkan karakter anak usia dini di Desa Pematang Panjang Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Nur Hidayanti - 1701180031.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mengembangkan karakter anak sejak usia dini perlu dilakukan mengingat masa usia dini merupakan masa golden age. Adapun karakter yang ingin dikembangkan diantaranya yaitu karakter religius, mandiri, disiplin, jujur dan peduli lingkungan. Pembiasaan baik yang diberikan oleh pendidik di sekolah, orang tua di rumah dan lingkungan sekitar anak akan terlaksana secara optimal jika didukung dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan anak. Salah satu cara efektif yang dapat digunakan untuk mengembangkan karakter anak usia dini ialah dongeng. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan perkembangan karakter anak usia dini di Desa Pematang Panjang, Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, 2) mendeskripsikan implementasi dongeng untuk mengembangkan karakter anak usia dini di Desa Pematang Panjang, Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 5 orang anak usia 4-5 tahun yang ada di RT 013/RW 003 Desa Pematang Panjang Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis Miles Huberman dengan langkah-langkah yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Karakter anak usia dini di RT 013/RW 003 Desa Pematang Panjang Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan berkembang dengan baik sesuai dengan indikator perkembangan karakter anak. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa 4 dari 5 orang anak dapat mengimplementasikan karakter yang dikembangkan melalui dongeng dalam kegiatannya sehari-hari. Karakter yang diharapkan yaitu karakter religius, disiplin, mandiri, dan peduli lingkungan. 2) Implementasi dongeng di Desa Pematang Panjang Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan melalui ibu guru UK dalam menyampaikan dongeng untuk mengembangkan karakter yang ada dalam diri anak usia dini dinilai melaui dua aspek dalam mengimplementasikan dongeng yang dibacakan, yaitu: perencanaan dan pelaksanaan. Bagian perencanaan memuat pemilihan dongeng, membaca tuntas dan berulang-ulang dan meringkas dongeng. Sedangkan pelaksanaan memuat tentang waktu, tempat dan posisi mendongeng, bahasa dongeng, permunculan tokoh-tokoh, penguasaan terhadap anak yang tidak fokus dan menutup dongeng.

ABSTRACT

Developing children's character from an early age needs to be done considering that early childhood is a golden age. The characters that want to be developed include religious, independent, disciplined, honest and care about the environment. Good habits given by educators at school, parents at home and the environment around the child will be carried out optimally if it is supported in a way that suits the child's needs. One of the effective ways that can be used to develop the character of early childhood is fairy tales. This study aims to 1) describe the character development of early childhood in Pematang Panjang Village, Kuala Pembuang, Seruyan Regency, 2) describe the implementation of fairy tales to develop early childhood character in Pematang Panjang Village, Kuala Pembuang, Seruyan Regency.

The research method used is a qualitative research method. The subjects of this study were 5 children aged 4-5 years in RT 013/RW 003 Pematang Panjang Village, Kuala Pembuang, Seruyan Regency. The data collection techniques in this study can be done in several ways, namely, observation, interviews and documentation. Data analysis was carried out using Miles Huberman's analysis with steps starting from data collection, data reduction, data presentation and verification or conclusions.

The results showed that 1) The character of early childhood in RT 013/RW 003 Pematang Panjang Village, Kuala Pembuang, Seruyan Regency, developed well according to the indicators of children's character development. It can be proven that 4 out of 5 children can implement the characters developed through fairy tales in their daily activities. The expected characters are religious, disciplined, independent, and care about the environment. 2) The implementation of fairy tales in Pematang Panjang Kuala Pembuang Village, Seruyan Regency through UK teachers in delivering fairy tales to develop the characters that exist in early childhood is assessed through two aspects in implementing the fairy tales that are read, namely: planning and implementation. The planning section includes the selection of fairy tales, reading through and over and over and summarizing the tales. While the implementation contains the time, place and position of storytelling, fairy tale language, the appearance of characters, mastery of children who are not focused and close the fairy tale.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karakter Anak Usia Dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:51
Last Modified: 26 Jan 2023 06:06
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4477

Actions (login required)

View Item View Item