Shifa, Lulu Noor (2021) Strategi electronic word of mouth (e-wom) dalam bisnis online di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Lulu Noor Shifa - 1704120590.pdf Download (1MB) |
Abstract
Electronic word of mouth (EWOM) adalah pemasaran dari mulut ke mulut berupa pernyataan positif atau negatif oleh konsumen terdahulu mengenai suatu produk melalui media elektronik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Penggunaan E-WOM dalam rangka memaksimalkan strategi pemasaran di @gift_by.me, (2) Peran E-WOM pada bisnis @gift_by.me dalam meningkatkan jumlah konsumen.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini pemilik akun bisnis @gift_by.me dan 3 informan dari konsumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan teknik triangulasi sumber. Kemudian akan dianalisis melalui tahapan data collection, reduction, display dan conclusions drawing.
Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa strategi E-WOM dalam rangka memaksimalkan strategi pemasaran seperti produk, harga, tempat dan promosi sudah diterapkan dengan maksimal. Kemudian strategi pemasaran secara Islam, sudah dilaksanakan berdasarkan prinsip Islam yaitu theitis (rabbaniyah), yaitu mengutamakan kejujuran. Etis (akhlaqiyah) yaitu selalu ramah kepada konsumen. Realistis (al-waqi’iyyah) yaitu produk yang ditawarkan sesuai. Humanistis (insaniyah) yaitu tidak serakah dan tidak merugikan orang lain.
ABSTRACT
Electronic Word of Mouth (EWOM) is word of mouth marketing in the form of positive or negative statements by previous consumers about a product through electronic media. The purpose of this study is to determine (1) the use of E-WOM to maximize the marketing strategy at @gift_by.me, (2) the role of E-WOM in the @gift_by.me business in increasing the number of consumers.
This research is field research using qualitative methods and a qualitative descriptive approach. The source of data in this study is the owner of the @gift_by.me business account and 3 informants from consumers. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation. Using source triangulation technique. Then it will be analyzed through the stages of data collection, reduction, display, and concluding.
The results of this study indicate that the E-WOM strategy in order to maximize marketing strategies such as product, price, place and promotion has been implemented optimally. Then the Islamic marketing strategy has been implemented based on Islamic principles, namely theitis (rabbaniyah), which prioritizes honesty. Ethical (akhlaqiyah) that is always friendly to consumers. Realistic (al-waqi'iyyah) is the product offered accordingly. Humanistic (insaniyah) that is not greedy and does not harm others.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 02:07 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 02:07 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4084 |
Actions (login required)
View Item |