Strategi pemasaran bisnis kafe (studi perbandingan searah koffie dan classy coffee)

Analta, Maulana Pramudya (2021) Strategi pemasaran bisnis kafe (studi perbandingan searah koffie dan classy coffee). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI MAULANA PRAMUDYA ANALTA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Bisnis cafe saat ini semakin berkembang ditengah masyarakat, dimana cafe kini telah bertransformasi menjadi bagian dari kebiasaan ataupun bagian dari suatu gaya hidup kelompok individu. Cafe juga menjadi suatu media bersosialisasi pada berbagai kalangan, yang mana kita dapat menjumpai cafe yang dipenuhi oleh kalangan anak muda yang berkumpul bersama relasinya dan terlibat dalam suatu pembicaraan ringan seputar kehidupan mereka. Pengunjungnya pun berasal dari latar belakang yang beragam, mulai dari kalangan pengusaha, pegawai negeri dan swasta, mahasiswa/pelajar bahkan ada juga komunitas-komunitas tertentu.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi komperatif yang mana dikaji berdasarkan perbandingan. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini yakni owner Searah Koffie dan karyawan (headbar) yang bertanggung jawab dalam mengelola café, serta owner Classy Coffee dan karyawan (headbar) yang bertanggung jawab dalam mengelola café. Sedangkan pengabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode dengan sumber.

Hasil penelitian ini Tentang strategi pemasaran bisnis café, Classy Coffe mempunyai beberapa strategi yang diterapkan dalam menjalankan usahanya, yakni Rasa, Barista, Tempat, serta aktif dimedia sosial, tidak hanya itu Classy Coffe mempunyai satu konsep unik yang tidak dimiliki kedai lain, dimana mereka memiliki tempat penyucian mobil yang berdampingan persis dengan kedai tersebut, hal tersebut yang membuat para konsumen tertarik untuk datang sekaligus menunggu cucian mobil. Sedangkan Searah koffie terdapat beberapa strategi yang dilakukan. Diantaranya dimulai dari pemilihan tempat. Tempat Searah Koffie sendiri berada di jalan Sisingamaraja, yang secara posisi ramai dan potensial. Selain itu kedai ini juga memberikan layanan tempat dan fasilitas yang menarik dan nyaman, hal tersebut sebagai daya tarik utama dalam bisnis kedai kopi. Kendala dalam strategi pemasaran masing-masing cafe, Searah Koffie terkendala terhadap konten-konten untuk memperkenalkan produk kepada konsumen, karena kurangnya pengetahuan konsumen terhadap produk sehingga hal ini menjadi kendala dalam strategi pemasaran Searah Koffie. Sedangkan Classy Coffee kendala yang dihadapi dalam menerapakan strategi pemasaran yakni terkait suatu wabah covid-19, yang mengakibatkan jam operasional dan jumlah pengunjung cafe menjadi di batasi.

ABSTRACT

The café business is now growing in the midst of society, where the café has now transformed into part of a habit or part of a lifestyle of an individual group. Cafe is also a social media in various circles, where we can find a café filled with young people who gather with their relationships and engage in a small talk about their lives. Visitors also come from diverse backgrounds, ranging from entrepreneurs, public and private employees, students / students and even certain communities.

The method used in this study is a comprehensive study which is studied based on comparison. Data capture in this study uses interview, observation, and documentation techniques. The subjects in the study were owner Searah Koffie and employees (headbar) who were responsible for managing the café, as well as the owner of Classy Coffee and employees (headbar) who were responsible for managing the café. While the validity of data in this study uses methods with source.

The result of syudy on Classy Coffe About café business marketing strategies, Classy Coffe has several strategies that are applied in running their business, namely Rasa, Barista, Place, and active in social media, not only that Classy Coffe has a unique concept that other stores do not have, where they have a car sanctification place that is adjacent to the store, which makes consumers interested in coming and waiting for car washes. While the Koffie direction there are several strategies carried out. It starts with the choice of a place. Koffie's own place is on Sisingamaraja street, which is positionally crowded and potential. In addition, this shop also provides attractive and comfortable place and facilities services, it is the main attraction in the coffee shop business. Constraints in the marketing strategy of each café, Searah Koffie is constrained to content to introduce products to consumers, because of the lack of consumer knowledge of the product so that this becomes an obstacle in Koffie's direct marketing strategy. While Classy Coffee the obstacles faced in implementing marketing strategies are related to a covid-19 outbreak, which resulted in operating hours and the number of café visitors to be limited.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Bisnis
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 10 Dec 2021 07:44
Last Modified: 10 Dec 2021 07:44
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3648

Actions (login required)

View Item View Item