Naparin, Ahmad (2021) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam secara daring di smk karsa mulya Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI AHMAD NAPARIN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrac
Penelitian ini bertolak dari mewabahnya covid-19 sehingga mengubah model pembelajaran secara drastis seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran tersebut biasanya ketika di sekolah dijelaskan secara langsung oleh guru sementara sekarang siswa belajar Pendidikan Agama Islam dengan tatap muka secara virtual menggunakan Zoom dan Whatsapp melalui sistem daring. Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dianggap sebagai faktor penting dalam keberhasilan belajar siswa. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentang motivasi belajar siswa kelas XI di SMK Karsa Mulya Palangka Raya saat mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam secara daring di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian 14 orang siswa kelas XI dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai informan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, motivasi yang dimiliki siswa SMK Karsa Mulya Palangkaraya adalah motivasi intrinsik yaitu dari dalam diri seperti, a) siswa yang memiliki hasrat dan keinginan berhasil dalam belajar menunjukkan ketekunan dan kemauan dalam belajar dan mengulang kembali materi pelajaran yang sebelumnya sudah diajarkan oleh guru Pendidikan Agama Islam, b) Siswa yang memiliki minat dan perhatian terhadap pelajaran menunjukkan ketertarikan dalam belajar Pendidikan Agama Islam dan selalu memperhatikan saat guru menerangkan pembelajaran secara daring dengan menggunakan media Zoom, c) Siswa yang bersemangat untuk mengerjakan tugas-tugas belajarnya menunjukkan kesegeraan dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan selalu tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, dan d) Ulet dalam menghadapi kesulitan siswa tidak mudah putus asa dan berusaha belajar untuk mendapatkan nilai yang memuaskan. Kedua, motivasi ekstrinsik atau motivasi dari luar diri peserta didik diperoleh dengan adanya, a) Siswa selalu mendapatkan penghargaan dalam belajar yaitu berupa nilai tambahan, berupa pujian dan berupa uang yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa, b) Reaksi yang baik ditunjukkan siswa terhadap stimulus yang diberikan guru yang ditunjukkan dengan siswa yang penasaran dan selalu bertanya tentang pelajaran yang belum dipahami, c) siswa mempunyai suasana belajar yang kondusif yaitu siswa merasa nyaman dengan suasana saat belajar secara daring.
ABSTRACT
This research began with the Covid-19 outbreak, which drastically changed the learning model in all online learning activities. Learning that is usually in school is explained directly by the teacher, while now students are learning Islamic Religious Education face-to-face virtually using zoom and whatsapp through an online system. Motivation to learn Islamic religious education is considered an essential factor in the success of student learning. Therefore, the researcher wants to know more about the learning motivation of class XI students at SMK Karsa Mulya Palangka Raya when taking Islamic Religious Education lessons.
This research aims to describe the motivation of students' learning in the subjects of Islamic Religious Education online at SMK Karsa Mulya Palangka Raya. The study used a descriptive qualitative approach with the research subjects of 14 xi students and teachers of Islamic Religious Education subjects as informants. Data collection techniques use observation, interview and documentation techniques. Data validity techniques use triangulation techniques. Data analysis techniques include data collection, data presentation and conclusion withdrawal.
The results showed that: first, the motivation that smk karsa mulya palangkaraya students have is intrinsic motivation that is from within such as, a) students who have a desire and desire to succeed in learning show perseverance and willingness in learning and repeating the subject matter that has previously been taught by Islamic Education teachers, b) Students who have an interest and attention to the lesson show interest in learning Religious Education Isl Am and always pay attention when the teacher explains online learning using zoom media, c) Students who are eager to do their learning tasks show the ability to do the tasks given by the teacher and always on time in collecting tasks, and d) Tenacious in the face of difficulties students are not easily discouraged and trying to learn to get satisfactory grades. Second, Extrinsic motivation or motivation from outside the student is obtained by the presence, a) Students always get awards in learning in the form of additional value, in the form of praise and in the form of money that can raise the spirit of student learning, b) A good reaction shown by students to the stimulus given by teachers shown by students who are curious and always ask about lessons that are not yet understood, c) Students have a conducive learning atmosphere that students feel comfortable with the atmosphere when studying online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran daring, motivasi belajar, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 19 Nov 2021 03:02 |
Last Modified: | 19 Nov 2021 03:02 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3598 |
Actions (login required)
View Item |