Mengembangkan kemampuan bahasa anak dengan menggunakan media kotak ceria di ra al-hunafa

Rahmadiah, Ayu (2021) Mengembangkan kemampuan bahasa anak dengan menggunakan media kotak ceria di ra al-hunafa. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI AYU RAHMADIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena disamping berfungsi sebagai alat untuk menyatakan pikiran dan perasaan kepada orang lain, bahasa sekaligus sebagai alat untuk memahami perasaan dan pikiran orang lain. Mengembangkan kemampuan bahasa anak memerlukan media yang efektif dalam proses pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengenalkan warna dan huruf abjad. Penggunaan media kotak ceria ini salah satunya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang perkembangan bahasa anak di RA Al-Hunafa dan penggunaan media kotak ceria dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak di RA Al-Hunafa.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.subjek penelitian adalah 1 orang guru kelas, dan 5 orang anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu : wawacara, observasi,dan dokumentasi. pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Hasil penelitian: 1) Perkembangan bahasa anak sangat membutuhkan media seperti kotak ceria, karena dapat membantu perkembangan bahasa anak sehingga perkembangan bahasa anak di RA Al-Hunafa juga sesuai dengan indikator pencapaian. 2) Penggunakan media kotak ceria guru mengajarkan anak dengan cara menunjukkan satu persatu huruf yang ada di media kotak ceria, misalnya perbedaan huruf besar dan huruf kecil sehingga anak dapat mengembangkan bahasanya.

ABSTRACT

Language is the important tool for communication in life because the function is for stating and comprehending the mind and feeling to other people. For developing students, it needs the effective media that can be used while learning process. For introducing the colour and alphabet A-Z uses cheerful box media, to develop the ability of students’ language at Islamic Kindergarten Al-Hunafa. This study aimed to described the development of students’ language at Islamic Kindergarten Al-Hunafa.

The method of this study was descriptive qualitative. The techniques of this study were interview, observation, and documentation. For validating the data, the researcher used resource and method triangulation. The analyzing data procedures were reduction, serving the data, and data verification. The results for developing the ability of students’ language by using cheerful box media at Islamic Kindergarten Al-Hunafa in Palangka Raya were: 1) The developing of students’ language needed APE as like cheerful box media, because it helped the students’ language at Islamic Kindergarten Al-Hunafa that suitable with the indicator. 2) Using cheerful box media taught them by showing each letter of alphabet, as like the difference between uppercase and lowercase so that they could develop their language.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Bahasa, Media Kotak Ceria
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 12 Nov 2021 00:56
Last Modified: 12 Nov 2021 00:56
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3574

Actions (login required)

View Item View Item