Faridha, Ani (2021) Manajemen pembiasaan dalam membentuk karakter anak usia dini di sekolah Sahabat Alam Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Ani Faridha - 17013187.pdf Download (2MB) |
Abstract
PAUD Sahabat Alam melaksanakan pembiasaan karakter-karakter kepada siswa-siswinya sejak siswa datang ke sekolah hingga mereka pulang kembali ke rumah. Sebagai sekolah inklusif, pembiasaan karakter tidak hanya dilaksanakan untuk siswa normal tetapi juga untuk siswa berkebutuhan khusus. Guru-guru menggabungkan siswa-siswinya yang berada pada level playgrup, TK A dan TK B dalam satu kelas yang menjadikan kelas tersebut memiliki siswa yang berbeda usia. Melalui proses pembiasaan, para siswa dapat saling mengingatkan jika ada siswa lain yang berperilaku tidak sesuai dengan pembiasaan yang telah diterapkan. Hal tersebut menjadi fenomena menarik untuk diteliti.
Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi bagaimana pengelolaan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pembiasaan berkarakter anak usia dini di sekolah Sahabat Alam Palangka Raya.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembiasaan masuk ke dalam rencana pembelajaran. Perencanaan bersifat fleksibel menyesuaikan kondisi yang sedang terjadi dan dilakukan secara berkesinambungan melalui rapat kerja tahunan, semesteran, dan pekanan. Dalam perencanaan guru menentukan tema pembelajaran selama satu semester dan bentuk kegiatannya, menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran kepada orang tua siswa, mengirimkan video dan lembar petunjuk pelaksanaan serta lembar penilaian tugas pembiasaan. Pengorganisasian dilaksanakan melalui diskusi saat rapat pekanan di antara guru-guru dan kepala PAUD, dan saat pertemuan melalui zoom dengan orang tua siswa. Tugas, wewenang, dan alur koordinasi secara umum diatur dalam surat keputusan yang dikeluarkan oleh Direktur Sekolah Sahabat Alam. Pembiasaan karakter dilaksanakan oleh guru saat pembelajaran melalui zoom berlangsung dan oleh orang tua di rumah berdasarkan penugasan yang dikirimkan. Pembiasaan dilaksanakan melalui proses diskusi kepada siswa tentang karakter tertentu dan alasan mengapa karakter tersebut perlu dibiasakan, contoh dan keteladanan, pesan dan nasihat, dan diiringi dengan arahan, motivasi, dan pengingatan. Pengawasan pembiasaan dilakukan guru secara langsung dengan melihat perilaku siswa saat zoom berlangsung dan bertanya kepada siswa tentang perilaku mereka selama berada di rumah. Adapun pengawasan secara tidak langsung dilakukan guru dengan bertanya kepada orang tua tentang bagaimana seorang siswa berperilaku saat di rumah dan dengan mengamati jawaban orang tua di google form tentang proses pelaksanaan pembiasaan di rumah. Pengawasan juga dilakukan oleh orang tua secara langsung berdasarkan panduan yang dikirimkan oleh guru.
Abstract
Paud Sahabat Alam implements habituation of characters to its students since the students arrive to school until they are back home. As an inclusive school, habituation of characters is not only applied for normal students but also for students with special needs. The teachers combined their students who are at the different level in one class which make the class have students of different ages. Through the habituation process, students can remind the other students who behave out of habits that have been applied. This phenomenon is interesting to study.
The purpose of the study was to explore how the management of habituation in early childhood character building includes planning, organizing, implementing, and controlling.
The study used a qualitative approach. The techniques to collect the data were interviewing, observation, and documentation.
The results of study showed that planning for habituation included in the lesson plan. Planning was flexible according to current condition and carried out continuously through annual, semester, and weekly work meetings. Teacher planned the theme of learning for one semester and made the activities, conveyed the planning to the students’ parent, sent video and file of instruction and assessment in habituation implementing. Organizing is carried out through discussions during weekly meeting between teachers and headmaster of PAUD, and during zoom meeting with parents of students. The duties, authorities, and coordination line was regulated by Direktur of Sahabat Alam School decree. Character habituation was carried out by the teacher during the learning process through zoom and by parents through habituation assignments at each students’ home. Habit was carried out through a process of discussion with students about certain characters and the reasons why these characters need to be accustomed, role play and examplary, messages and advice, and accompanied by direction, motivation, and remembrance. Supervision was carried out by the teacher directly through observation of the students’ behavior during zoom and asking the students about their behavior while at home. Indirect supervision was carried out by the teacher through asking parent about how a student behaves at home and checking the parents’ answers on google form about the process of habituation at home. Supervision was also carried out by parents directly based on the guidelines sent by the teacher.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan ; Karakter; Manajemen |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 04:09 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 04:09 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3540 |
Actions (login required)
View Item |