Perkembangan motorik halus melalui pembelajaran dari rumah pada kelompok B di TK Al-Firdaus Palangka Raya tahun pelajaran 2020/2021

Rofiah, Rofiah (2021) Perkembangan motorik halus melalui pembelajaran dari rumah pada kelompok B di TK Al-Firdaus Palangka Raya tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Rofiah - 1621180025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari pentingnya perkembangan motorik halus bagi anak kerena berhubungan langsung dengan fungsi otot-otot kecil pada anak, permasalahan pada pembelajaran motorik halus siswa muncul diakibatkan pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, sehingga mengakibatkan pembelajaran harus dilakukan dengan metode Belajar dari Rumah (BDR). Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran motorik halus melalui pembelajaran dari rumah pada anak kelompok B di TK Al- Firdaus Palangka Raya. Dan mengetahui bagaimana perkembangan motoric halus melalui pembelajaran dari rumah pada kelompok B di TK Al Firdaus Palangkaraya.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian adalah guru kelas dan guru pendamping sedangkan informan penelitian adalah Kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Pembelajaran motorik halus anak kelompok B TK Al Firdaus Palangka Raya dilakukan secara berkelompok dengan jumlah siswa terdiri dari 3-4 orang siswa, kegiatan pembelajaran diselenggrakan sesuai materi, tema atau sub tema yang sedang dipelajari dengan memanfaatkan bahan-bahan atau peralatan-peralatan pendukung yang ada di sekitar lingkungan siswa, langkah pembelajaran diawali dengan mengucapkan salam, menyampaikan materi, kegiatan inti, mengingat kembali kegiatan yang dilakukan, menilai hasil kegiatan dan salam penutup. Metode yang digunakan adalah demonstrasi, pemberian tugas, cakap-cakap dan tanya jawab, 2) Perkembangan motorik halus siswa melalui pembelajaran dari rumah yaitu bahwa siswa dapat dan mampu mengembangakan motorik halus, hal itu terbukti dari aspek pencapaian komponen motorik halus siswa dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari beberapa faktor diantaranya adalah, media yang digunakan di rumah lebih bervariasi dari pada di sekolah, suasana di rumah lebih nyaman dari pada di sekolah, pendampingan orang tua yang membuat anak lebih percaya diri.

Abstract

This research stems from the importance of fine motor development for children because it is directly related to the function of small muscles in children, problems in students' fine motoric learning arise due to the Covid-19 pandemic, resulting the learning proses have to be to be carried out using the BDR method. Therefore, this study aims to describe how fine motor development through learningfrom home in group B at Al Firdaus early childhood education in academic year 2020/2021.And be able to understand the development of fine motorthrough learning from home in group B at Al-Firdaus early childhood education.

This research is a qualitative research, with teacher and teacher aassistance as the researc subject,while the headmaster as the researc informan.
To collect data,researcher conducted several techniques such as obsevation,interview and dokumentation.

The results showed that, 1) Fine motor learning on children in group B Al Firdaus early childhood education Palangka Raya was carried out as group with the number of group consisting of 3-4 students,learning activity was conducted based on the appropriate maaterisal,theme or sub-theme being studied by ultilizing the material or supporting equipment that is arround student environment.The learning was begin with greeting,delivering the material.main activity,brainstorming,assessing the result of activities and clousing.The mrthod that been used on this research is demonstration,task,conversation,question and answer.2).Fine motor learning on children through learning from home is students could be able to develop their fine motor,it was proven from the achievment aspect of studens fine motor components gone well.This is inseparable from several factors including,the media used at home is more varied than in school,the atmoshpere in home is more comfortable than is school,parent guide makes children more confident.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan; BDR; Motorik Halus
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 07 Sep 2021 09:02
Last Modified: 07 Sep 2021 09:02
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3514

Actions (login required)

View Item View Item