Strategi marketing sales force (sf) dalam produk pembiayaan di Bank Syariah Indonesia KCP Muara Teweh Kab. Barito Utara

Kartika, Wahyu Tirta (2021) Strategi marketing sales force (sf) dalam produk pembiayaan di Bank Syariah Indonesia KCP Muara Teweh Kab. Barito Utara. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Wahyu Tirta Kartika - 1704110124.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji Bank Syariah Indonesia yang menetapkan unit kerja Sales Force (SF) untuk menerapkan strategi marketing dalam memasarkan produk pembiayaan. BSI KCP Muara Teweh Merupakan satu-satunya bank syariah yang ada di Kab. Barito Utara. Akan tetapi, ditengah banyaknya Bank Konvensional yang sudah lama berdiri dan persaingan antar bank yang semakin kompetitif di Kab. Barito Utara, BSI KCP Muara Teweh yang baru berdiri tetap memiliki eksistensi di kalangan masyarakat dan mampu ikut bersaing di pangsa pasar. Di BSI KCP Muara Teweh menerapkan strategi marketing Sales Force dalam memasarkan produk pembiayaan agar mempertahankan eksistensi dan pertumbuhannya sehingga tetap mampu bersaing di pangsa pasar yang membuat ketertarikan peneliti. Maka rumusan masalahnya adalah, (1) Bagaimana Strategi Marketing Sales Force (SF) dalam produk pembiayaan di BSI KCP Muara Teweh; (2) Bagaimana dampak startegi marketing Sales Force (SF) dalam produk pembiayaan di BSI KCP Muara Teweh.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pihak BSI KCP Muara Teweh bagian Branch Manager dan 5 nasabah BSI KCP Muara Teweh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber, yaitu dengan cara membandingkan hasil data yang diperoleh dari beberapa metode pengumpulan data yang dilakukan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Bank Syariah Indonesia KCP Muara Teweh menerapkan strategi marketing Sales Force (SF) untuk memasarkan produk pembiayaan pensiun berkah melalui penjualan pribadi dengan melakukan door to door (kunjungan dari rumah ke rumah), datang ke instansi-instansi vertikal dan horisontal melakukan sosialisasi tentang produk pembiayaan pensiun berkah, melakukan referensi dengan meminta nasabah untuk merekomendasikan nasabah lain, datang-datang kesekolah dan membagikan brosur pembiayaan pensiun. Serta menerapkan nilai-nilai pemasaran syariah yaitu shiddiq, fathanah, amanah, tabligh, istiqamah, memiliki kesabaran dan kegigihan. (2) Dampak strategi marketing Sales Force (SF) dalam produk pembiayaan pensiun berkah di Bank Syariah Indonesia KCP Muara Teweh adalah meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan pensiunan, meningkatkan portofolio pembiayaan pensiunan di BSI KCP Muara Teweh, mensosialisasikan kepada masyarakat terkait bank syariah serta produk pembiayaan pensiun berkah; dan Bank Syariah Indonesia dapat bersaing di pangsa pasar.

ABSTRATC

This research examined Indonesia Syariah bank which had astablished a Sales Force (SF) work unit to implement the strategy of marketing financial products. Branches Syariah Sub Mandiri Bank (BSI KCP) Muara Teweh was the only sharia bank in Barito Utara Regency. However, in the midst of many long-established conventional banks and increasingly fierce competition between banks in Barito Utara Regency, the newly established BSI KCP Muara Teweh still has a presence in the community and is able to compete in market segment. At BSI KCP Muara Teweh, they applied Sales Force marketing strategies in marketing financing products in order to maintain their existence and growth so that they were able to compete in the market segment that attracts researchers. The research problems were: (1) How is the marketing Sales Force (SF) stategy in in financing products at BSI KCP Muara Teweh; (2) how is the impact of the Sales Force (SF) marketing strategy in financing products at BSI KCP Muara Teweh.

This research used descriptive qualitative method. It was a field research. The subjects were the BSI KCP Muara Teweh Branch Manager and 5 customers of BSI KCP Muara Teweh. The data collection techniques used observation, interview and documentation. The data were validated through triangulation of methods and sources. The data validation were obtained by comparing the data results which collected through several methods.

The results of this research indicated that (1) Branches Syariah Sub Indonesia Bank (BSI KCP) Muara Teweh implemented as Sales Force (SF) strategy to market berkah pension financing products through personal sales by door to door visit, coming to vertical and horizontal agencies to socialize the berkah pension financing products, making references by asking customers to recommend other customers, visiting schools, and distributing the berkah pension financing brochures. And apply syariah marketing values, namely shiddiq, fathanah, amanah, tabligh, istiqamah, have patience and persistence. (2) the impacts of Sales Force (SF) marketing strategy in berkah pension financing product at BSI KCP Muara Teweh were; to increase the number of pension financing customers, increase the pension financing portfolios at BSI KCP Muara Teweh, socialize to the public about syariah bank, and berkah pension financing products; and Indonesia syariah bank could compete in market segment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Marketing
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 03 Sep 2021 06:01
Last Modified: 28 Feb 2023 02:29
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3496

Actions (login required)

View Item View Item