Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam berbasis standar proses di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pulang Pisau

Sari, Zimmah (2021) Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam berbasis standar proses di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pulang Pisau. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Zimmah Sari -17013204.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terjadinya perbedaan antara siswa yang dapat mencapai KKM pelajaran umum dan pelajaran pendidikan agama Islam di mana diketahui pada pelajaran Pendidikan agama Islam siswa mampu macapai KKM lebih baik daripada pelajaran umum. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis standar proses di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pulang Pisau, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis standar proses di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pulang Pisau.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis kualitatif deskriptif yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pulang Pisau, dengan subyek penelitian yang dimaksud adalah guru PAI dan informan penelitian adalah kepala sekolah dan koerdinator kurikulum. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data dilakukan dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data sedangkan teknik pengabsahan data dilakukan dengan Teknik triangulasi sumber dan metode.

Hasil penelitian ini adalah: Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran berbasis standar proses yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pulang Pisau dilakuaka dengan mengacu pada standar lulusan institusi atau madrasah. Perencanaan yang dilakukan berupa silabus dan RPP, penyusunan perncanaan pembelajran berbasis standar proses ini dilakuan pada akhir tahun, yang nantinya hasil perencanaan ini akan digunakan untuk proses pelaksanaan pembalajaran berbasis standar proses pada tahun ajaran berikutnya. Kegiatan perencanaan yang dilakukan berpatokan dari hasil penilaian dan pengawasan yang dilakukan sebelumnya. 2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis setandar proses di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pulang Pisau dilakukan dalam tiga tahap yaitu kegiatan awal/ pembuka, kegiatan inti/ pembentukan kompetensi dan kegiatan akhir/ penutup. Pada pembukaan kegiatan yang adalah menyiapkan peserta didik baik psikis dan fisik untuk dapat mengikuti pembelajaran, memberikan apresiasi, menjelaskan tujuan pembelajaran, menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai RPP. Kegiatan inti dilakukan dalam beberapa kegiatan yang terdiri dari lima pengalaman pokok belajar yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan, yang dikemas dalam kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Kegiatan penutup guru menyimpulkan pelajaran yang sudah dijelaskan, melakukan penialaian, memberikan umpan balik terhadap proses hasil belajar, merencanakan kegiatan tindak lanjut, dan menyampaikan rencana pelajaran berikutnya.

Abstract

This research background occur because there is different between student who able to reach Minimum Completeness Criteria (KKM) in general lesson and Islamic Education lesson where is known on Islamic Education lesson students able to reach Minimum Completeness Criteria (KKM) better than in general lesson. Based on that thing, the research problem are 1) How is the planning on learning based on process standard at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pulang Pisau, 2) How is the implementation of learning based on process standard at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pulang Pisau. `

This research used qualitative approach and descriptive qualitative which done at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pulang Pisau, with research subject was Islamic Education teacher, and research informants were Principal and Curriculum coordinator. Data collection technique used observation, interview and documentation, then data analysis technique done in four phases, they were data collection, data reduction, data display, and data verification while data validation technique done with source and method triangulation technique.

The result showed that : Based on the result and discussion in chapter before so the conclusion in this research as follow : 1) Planning on learning based on process standard which done at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pulang Pisau done refer to Madrasah or Institution Completeness Standard. Planning which done in the form of syllabus and lesson plan (RPP), this planning on learning based on process standard done in the end of year, later this planning result will be used for implementation process of learning based on process standard in the next academic year. Plamiing activity which done based on the evaluation and monitoring result which done before. 2) Implementation of learning based on process standard at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pulang Pisau done in three phases, they were early activity/opening, main activity/competence building and end activity/closing. On early activity was prepared students’ psychic and physical to able followed the learning, gave appreciation, explained learning objective, conveyed material scope, and explained activity description appropriate with lesson plan(RPP). Main activity done in some activity which consisted from tive basic learning experiences, they were observing, asking, thinking, trying, and communicating, that cover in exploration activity, elaboration, and confirmation. In the end of activity, teacher concluded the lesson that explained before, did evaluation, gave feedback on learning outcome process, planned follow up activity and conveyed next lesson plan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Standar Proses Pembelajaran; Implementasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 02 Sep 2021 11:48
Last Modified: 02 Sep 2021 11:48
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3491

Actions (login required)

View Item View Item