Jainuddin, Jainuddin (2021) Strategi penyampaian materi salat dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SDN se Kelurahan Pendahara Kabupaten Katingan Kecamatan Tewang Sangalang Garing. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Jainuddin - 19016135.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi yang penulis lakukan pada siswa kelas VI di SDN sekelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan dengan hasil bahwa mereka masih belum bisa menghafal bacaan Ṣalat dan mempraktekan gerakan Ṣalat dengan baik dan benar. Keadaan ini tentunya mengindikasikan telah terjadi permasalahan pada strategi penyampaian pembelajaran yang dilakukan oleh para guru SDN se Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan, oleh sebab itu maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisi media, interaksi, dan bentuk pembelajaran Ṣalat di SDN se Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan.
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan di SDN se Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan, subyek penelitian ini adalah guru 3 guru PAI di SDN se Kelurahan Pendahara dan informan adalah kepala sekolah dan siswa kelas II. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data sedangkan teknik pengabsahan mengunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Media pembelajaran yang digunakan di SDN se Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan adalah papan tulis, orang dan buku, 2) Interaksi guru dan siswa yang terjadi di SDN se Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan adalah interaksi satu arah, 3) Bentuk pembelajaran yang dilakukan di SDN se Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan yaitu bentuk pembelajaran dalam kelompok kecil.
Abstract
This research is based on the results of observations made by the author on grade VI students at SDN in Pendahara sub-district, Tewang Sangalang Garing District, Katingan Regency with the result that they still cannot memorize prayer readings and practice prayer movements properly and correctly. This situation certainly indicates that there has been a problem in the delivery strategy of learning carried out by SDN teachers in Pendahara Village, Tewang Sangalang Garing District, Katingan Regency, therefore this study aims to describe and analyze media, interactions, and forms of prayer learning in SDN in the Kelurahan. Pendahara, Tewang Sangalang Garing District, Katingan Regency.
This research is a qualitative research with a descriptive qualitative type, this research was conducted in SDN throughout Pendahara Village, Tewang Sangalang Garing District, Katingan Regency, the subjects of this study were 3 PAI teachers in SDNs throughout Pendahara Village and the informants were the principal and grade II students. Data collection techniques used observation, interview and documentation techniques, then data analysis techniques were data collection, data reduction, data presentation, and data verification, while the validation technique used source and method triangulation.
The results of this study are: 1) The learning media carried out in SDN throughout Pendahara Village, Tewang Sangalang Garing District, Katingan Regency are blackboards, people and books, 2) Teacher-student interactions that occur in SDNs in Pendahara Village, Tewang Sangalang Garing District, Katingan Regency are One-way interaction, 3) The form of learning carried out in SDNs in Pendahara Village, Tewang Sangalang Garing District, Katingan Regency, is a form of learning in small groups.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ṣhalat; Strategi;Penyamapian Pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 11:10 |
Last Modified: | 02 Sep 2021 11:31 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3489 |
Actions (login required)
View Item |