Persepsi konsumen haji dan umroh dalam memilih PT. Al-Karima Tour Travel Kota Palangka Raya

Siliya, Apris (2020) Persepsi konsumen haji dan umroh dalam memilih PT. Al-Karima Tour Travel Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Apris Siliya - 1604120478.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan haji dan umrah menggunakan jasa travel saat ini telah menjadi pilihan banyak masyarakat utamanya masyarakat yang berpenghasilan lebih atau memiliki kelebihan harta kekayaan karena dengan menggunakan jasa travel untuk menunaikan ibadah haji dan umrah mereka dapat mempercepat jadwal pemberangkatan ketimbang harus mendaftar dan mengikuti jadwal yang telah ditentukan oleh Kementerian Agama untuk ibadah haji regular. Salah satu travel yang melayani jamaah haji dan umroh adalah PT. Al-Karima Tour Travel Kota Palangka Raya. Travel ini pernah mengalami masalah besar dalam pemberangkatan jamaah. Namun sampai sekarang travel ini tetap eksis. Beranjak dari permasalahan tersebut: yaitu (1) bagaimana persepsi jamaah Haji dan Umroh dalam memilih PT. Al-Karima sebagai sarana menuju Baitullah? (2) bagaimana strategi marketing yang dilakukan pada bisnis travel Haji dan Umroh PT. Al-Karima Tour Travel?

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah konsumen Haji dan Umroh PT. Al-Karima Tour Travel yang berbeda tahun keberangkatannya. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan datanya menggunakan triangulasi. Kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi jamaah dalam memilih PT. Al-Karima adalah dikarenakan beberapa faktor yaitu berupa keinginan, harga yang relatif murah, terkenal maupun karena media promosi. Jamaah sebagian beranggapan travel ini cukup baik karena mampu mengatur jamaah dengan jelas dan terarah. Namun sebagian jamaah beranggapan bahwa travel ini kurang tertib. Kedua, Persepsi jamaah Haji dan Umroh terhadap strategi marketing yang dilakukan pada bisnis travel PT. Al-karima Tour Travel ini cukup efektif karena didukung oleh media-media berupa brosur, iklan, baliho, media sosial, maupun dengan cara via tausiyah sehingga itu memudahkan calon jamaah untuk mendapatkan informasi terkait dengan PT. Al-Karima Tour Travel ini.

ABSTRACT

The implementation of the Hajj and Umrah pilgrimage using travel services today has become the choice of many people, primarily people who earn more or have excess wealth because by using the services of travel for Hajj and Umrah they can accelerate the schedule of departure rather than have to sign up and follow the schedule that has been determined by the Ministry of Religious affairs for Hajj regular. One of the travels that serves the Hajj and Umrah PT. Al-Karima Tour Travel Palangka Raya. This travel never experienced a major problem in the departure f the pilgrims. However until now, this travel continues to exist. Moving on from the formulation of the problem: namely (1) how the perception of the Hajj and Umrah in choosing PT. Al-Karima as a means to the Baitullah? (2) how the marketing strategies carried out in the business of Hajj and Umrah travel PT. Al-Karima Palangka Ray?

This study is field research using descriptive qualitative research methods. The subject of this research is the consumers of Hajj and Umrah PT. Al-Karima Tour Travel is different year of his departure. Data collection techniques with observation, interviews, and documentation. The technique of the execution of the data using triangulation of sources and triangulation methods. Then analyzed through the stages of data reduction, data presentation, and conclusions.

The results of this study indicate that pilgrims' perceptions in choosing PT. Al-Karima is due to several factors, namely in the form of desire, relatively cheap prize, well-known, and because of promotional media. Some pilgrims think this travel is quite good because it is able to manage pilgrims clearly and directed. But some pilgrims assume that travel is not orderly. Second, the perception of pilgrims to Hajj and Umrah towards the marketing strategy carried out in the travel business of PT. Al-karima Tour Travel is quite effective because it is supported by media in the form of brochures, advertisements, billboards, social media, and by means of tausiyah so that it makes it easier for prospective pilgrims to get information related to PT. Al-Karima Tour Travel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Marketing; Haji dan Umroh;
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 04 Aug 2021 01:49
Last Modified: 04 Aug 2021 01:49
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3351

Actions (login required)

View Item View Item