Mazida, Lina Izza (2020) Gerakan literasi sekolah (studi minat baca peserta didik) di MIN 1 Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Lina Izza Mazida - 1601170038.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak pada permasalahan rendahnya minat baca warga Indonesia yang dibuktikan dari hasil riset PISA dan CCSU pada tahun 2015 Indonesia menduduki pringkat yang terbilang rendah dalam minat baca sehingga guna mengatasi hal demikian Kemendikbud RI mengeluarkanPermendikbud No.23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti dengan adanya kegiatan 15 menit membaca sebagai pembiasaan menumbuhkan budaya membaca yang kemudian diwujudkan melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dari jenjang SD/MI sampai SMA/MA.
Literasi merupakan sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya, keterampilan ini merupakan salah satu dari beberapa keterampilan yang harus dimiliki peserta didik pada Abad-21. Adanya Globalisasi menjadikan teknologi semakin berkembang pesat sehingga segala informasi dapat dengan cepat menyebar dengan mudah sehingga perlu adanya keterampilan berliterasi yang baik guna mengatasi kesalahan dalam menerima informasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja program dan bagaimana pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di MIN 1 Kota Palangka Raya studi terhadap minat baca peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif,dengan subjek penelitian Tim Literasi Sekolah, objek penelitian peserta didik, teknik pengumpulan data yakni melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun pengabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik sehingga penelitian ini dapat mendeskripsikan tentang Gerakan Literasi Sekolah studi minat baca peserta didik di MIN 1 Kota Palangka Raya dan menjawab rumusan masalah penelitian yaitu apa saja yang menjadi program GLS, bagaimana pelaksanaan GLS dan bagaimana minat baca peserta didik di MIN 1 Kota Palangka Raya dengan menggunakan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Program Gerakan Literasi Sekolah MIN 1 Kota Palangka Raya yaitu 15 menit membaca; sudut baca kelas; literasi perpustakaan; hibah buku; pojok baca; rapat tim literasi; literasi aksi;mengundang pegiat literasi; penghargaan literasi; membuat mading; dan semester menulis (2) Gerakan Literasi Sekolah MIN 1 Kota Palangka Raya telah melaksanakan beberapa program yang diantaranya yaitu: membaca 15 menit setiap hari; sudut baca kelas; hibah buku; dan literasi perpustakaan. Sehingga pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di MIN 1 Kota Palangka Raya masih berada pada tahap awal yakni pembiasaan (3) Minat baca peserta didik muncul setelah adanya kegiatan literasi di sekolah melalui upaya yang dilakukan oleh madrasah dan guru dalam mengelola kegiatan literasi yang akhirnya dapat mempengaruhi minat baca peserta didik.
Abstract
This research is based on the problem of low reading interest of Indonesians as evidenced by the results of PISA and CCSU research in 2015 Indonesia ranks relatively low in reading interest so that in order to overcome this the Indonesian Ministry of Education and Culture issued Permendikbud No.23 of 2015 concerning the Growth of Pekerti in the presence of 15-minute reading activities as a habit of fostering a culture of reading which is then realized through the School Literacy Movement (GLS) from elementary / MI to high school / MA levels.
Literacy is a means for students to recognize, understand, and apply the knowledge they have acquired, this skill is one of the few skills students must have in the 21st Century. The existence of Globalization makes technology increasingly rapidly developing so that all information can quickly spread easily so that the need for good literacy skills to overcome errors in receiving information.
This study aims to find out what are the programs and how the implementation of the School Literacy Movement in MIN 1 Palangkaraya City studies students' interest in reading.
This research uses descriptive qualitative method, with the subject of the School Literacy Team research, students' research objects, data collection techniques namely through observation, interviews, and documentation. The validation of the data used is technical triangulation so that this research can describe the Literacy Movement School of students' interest in reading in MIN 1 Palangkaraya City and answer the research problem formulation, namely what is the GLS program, how is the GLS implementation and how is the student's reading interest in MIN 1 Palangkaraya City using data analysis techniques using the Miles and Huberman models.
The results showed that (1) MIN 1 School Literacy Movement Program in Palangka Raya City is 15 minutes of reading; class reading angle; library literacy; book grants, reading corners; literacy team meetings; action literacy; literacy activists; literacy awards; making wall magazine; and the writing semester (2) MIN 1 School Literacy Movement Palangkaraya City has implemented several programs including: reading 15 minutes every day; reading corners of the class; book grants; and library literacy. So that the implementation of the School Literacy Movement in MIN 1 Palangkaraya City is still at an early stage namely habituation (3) Students' interest in reading arises after the existence of literacy activities in schools through the efforts made by madrassas and teachers in managing literacy activities which can ultimately affect interest in reading learners
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Baca Peserta Didik;Gerakan Literasi Sekolah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 07:57 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 07:57 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3246 |
Actions (login required)
View Item |