Program pengembangan fisik motorik tema diriku kelompok a di RA Al-Musafirin Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya

Surati, Surati (2020) Program pengembangan fisik motorik tema diriku kelompok a di RA Al-Musafirin Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Surati - 1501180014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program pengembangan fisik motorik tema diriku, suatu materi yang mengenal dengan dirinya sendiri misalnya: mengenal anggota tubuh, fungsi anggota tubuh dan cara merawatnya, memiliki perilaku hidup sehat, mengetahui aku adalah hamba Allah dan sebagai ciptaan Allah Swt, yang biasa terdapat pada kurikulum TK/RA.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam program pengembangan fisik motorik tema diriku pada kelompok A di Raudhatul Athfal (RA) Al-Musafirin Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelompok A yang berjumlah 14 anak, informan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan metode/teknik. Data dianalisis menggunakan analisis model interaksi dengan tiga tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Penelitian ini menunjukkan bahwa program pengembangan fisik motorik tema diriku memiliki perencanaan yang baik, yaitu (1) program perencanaan adalah pada pra persiapannya dilakukan dengan melihat Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem), kemudian menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) berjalan dengan baik. (2) Pelaksanaan program pengembangan fisik motorik halus dengan mewarnai telapak tangan dan gambar orang, menempel mozaik kue ulang tahun, dll, sedangkan fisik motorik kasar antara lain melompat, melewati kayu titian, menendang bola, dll. Kegiatan tersebut berjalan dengan baik. (3) Untuk penilaian program pengembangan fisik motorik yang dilakukan guru dengan cara menggunakan Belum Berkembang (BB), Mulai Berkembang (MB), Berkembang Sesuai harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan menggunakan ceklis pada setiap kolom dari masing-masing anak yang disesuaikan dengan tingkat masing-masing perkembangan anak, dan diperoleh kategori penilaian 35,71% mulai berkembang dan 64,29% berkembang sesuai harapan. Dengan demikian program pengembangan fisik motorik tema diriku dapat meningkatkan perkembangan fisik motorik anak.

ABSTRACT

The program of physical-motor development for theme Myself which discusses about knowing self, such as: knowing parts of body, the functions of them, and how to take care of them, having healthy life behavior, knowing I am a servant of Allah and as the creation of Allah Swt, used to be in the curriculum of TK/RA.

The aim of the research was to describe the planning, actuating, and evaluating in the program of physical-motor development for theme Myself at group A of Raudhatul Athfal (RA) Al-Musafirin Kereng Bangkirai Palangka Raya City.

The research used qualitative approach method. The subjects of the research were teacher and students of group A totaling is 14 children’s, informant principal. The techniques of collecting data used interview, observation, and documentation. The data validation used triangulation technique of source and method/technique. The data analysis used three-stage interaction model analysis; collecting data, reducing data, displaying data and drawing conclusion.

The research showed that the program of physical-motor development for theme Myself had a good plan, i.e. (1) planning program for pre-preparation referring to the annual program (Prota), semester program (Prosem), then composing weekly lesson plan (RPPM), and daily lesson plan (RPPH) ran well. (2) Actuating the program of fine physical-motor development by coloring palms and pictures of people, attaching to the birthday cake mosaic, etc, while gross physical-motor such as jumping, walking on the balance beam, kicking the ball, etc. The activities ran well. (3) Evaluating, for evaluating the program of physical-motor development uses Undeveloped (BB), Begin Developing (MB), Developed as Expected (BSH), Well-Developed (BSB) by giving checklist in the column of each student according to the child development level. And rating category 35,71% develop, and 64,28% developed according to expectations. Thus the program of physical-motor for theme myself can improve the children’s physical-motor development.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Fisik; Anak usia dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 17 Jul 2021 02:18
Last Modified: 17 Jul 2021 02:18
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3230

Actions (login required)

View Item View Item