Arif, Fahmi (2020) Strategi marketing syariah online dan offline di toko pondok tehnik indonesia Kota Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Fahmi Arif-15015005.pdf Download (2MB) |
Abstract
Saat ini strategi digital marketing menjadi salah satu pemicu kesuksesan dalam bisnis. Perusahaan perlu beradaptasi dengan cepat pada perkembangan dunia digital saat ini. Hal ini menuntut untuk terjadinya persaingan dalam memperebutkan pangsa pasar dan konsumen. Salah satu toko yang bergerak di bidang penjualan perkakas dan mesin di kota Palangka Raya ada yang unik dan menarik, pasalnya toko tersebut melakukan penjualan tidak hanya dengan cara konvensional atau penjualan langsung tetapi juga menggunakan teknik pemasaran dengan menggunakan jalur online atau yang disebut marketing online. Pemasaran melalui digital marketing pun semakin menarik dengan adanya konsep digital marketing berbasis syariah yang diterapkan di toko tersebut. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengkaji permasalahan sebagai berikut: pertama Bagaimana strategi marketing syariah di Toko Pondok Teknik Indonesia Kota Palangka Raya dalam penjualan Online? Kedua Bagaimana strategi marketing syariah di Toko Pondok Teknik Indonesia Kota Palangka Raya dalam penjualan Offline?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, adapun subjek penelitian ini adalah Pemilik Toko. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dengan mengumpulkan data dan informasi sejenis dari berbagai sumber yang berbeda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama Strategi Marketing secara online yang dipakai oleh Toko Pondok Teknik Indonesia Palangka Raya adalah memanfaatkan sosial media, memperbanyak komunitas atau forum, orientasi pelayanan yang baik, pengoptimalan website atau blog marketing, dan promosi yang terus dilakukan bertujuan untuk memberikan informasi mengenai produk barang atau jasa dalam kaitannya untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui media internet. Kedua strategi Marketing secara offline yang dipakai oleh Toko Pondok Teknik Indonesia Palangka Raya adalah dengan cara memilih produk yang bermutu, harga yang bersaing kompetitif serta terjangkau, selalu menjaga kualitas barang yang dijual, selalu memperhatikan dan melakukan pelayanan yang terbaik dan maksimal, memperhatikan keterampilan dari karyawan, dan selalu melakukan promosi. Selanjutnya Toko Pondok Teknik Indonesia dalam menerapkan strategi pemasarannya baik dengan menggunakan digital marketing secara online dan pemasaran offline secara langsung sudah menerapkan Strategi Pemasaran Islami sesuai dengan budaya kerja usaha yang Menjadikan Islam dan Hukum Syara sebagai tuntutan dan pedoman yang teraplikasi dalam setiap aktivitas.
Abstract
Nowadays digital marketing strategies are one of the triggers for success in business. Companies need to adapt to the development of today's digital world quickly. This demands competition for the market share and consumers. One of the shops engaged in the sale of tools and machines in the city of Palangka Raya is unique and interesting to be researched, because the store sells not only conventional methods or direct sales but also uses marketing techniques using online channels or so-called digital marketing. Marketing through digital marketing is even more interesting with the concept of syariah-based digital marketing applied in the store. The main objectives of this study are to examine: first, what is the sharia marketing strategy in the Pondok Teknik Indonesia shop in Palangka Raya City in terms of online sales? Second, how is the sharia marketing strategy in the Pondok Teknik Indonesia Shop in Palangka Raya City in terms of offline sales?
This research is a field research using descriptive qualitative research methods, which the research subject is the store Owner. Data collection techniques are observation, interviews, and documentation. The data validation technique uses triangulation of sources by collecting data and similar information from variety of different sources.
The results of this study indicate that the first online Marketing Strategy that is used by Pondok Teknik Indonesia Palangka Raya is to utilize social media, increase the community or forum, good service orientation, optimization of website or blog marketing, and ongoing promotions aimed at providing information about products or services in relation to satisfying the human needs and desires through the internet.
The two offline marketing strategies used by the Pondok Teknik Indonesia Palangkaraya Stores are by choosing quality products and competitive prices, always maintaining the quality of goods sold, always paying attention and doing the best and maximum service, paying attention to the skills of employees, and always doing promotions. Furthermore, Pondok Teknik Indonesia Stores in implementing its marketing strategy both by using digital marketing online and offline marketinghave implemented an Islamic Marketing Strategy in accordance with the work culture of business directly, which makes Islam and Syariah Law as demands and guidelines applied in every activities.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing Syariah; Online dan Offline; Strategi |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 06:45 |
Last Modified: | 15 Jul 2021 06:45 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3225 |
Actions (login required)
View Item |