Implementasi supervisi klinis kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kapuas

Nasukoh, Siti (2020) Implementasi supervisi klinis kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kapuas. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Siti Nasukoh - 18013223.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perencanaan implementasi supervisi klinis yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru di MTsN 2 KAPUAS, 2) Hasil pelaksanaan implementasi supervisi klinis yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru di MTsN 2 KAPUAS,3) Kendala dan solusi supervisi klinis yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru di MTsN 2 KAPUAS.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan untuk keabsahan data mengacu pada empat standart validasi yang terdiri dari Kredibilitas, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Dalam hal ini subyek penelitiannya yaitu: Kepala sekolah, Guru di MTsN 2 KAPUAS.

Hasil penelitian ini mengungkapkan temuan sebagai berikut:1) perencanaan yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru adalah dengan merancang apa yang diingin disupervisi sesuai dengan kebutuhan dan keperluan guru dengan melibatkan beberapa guru. Yang disupervisi kepala sekolah seperti datang keruangan- ruangan kelas untuk melihat kegiatan pembelajaran dikelas, persiapkan perlengkapan pembelajaran seperti RPP atau silabus. Prota, prosem, penilaian, alat alat peraga, buku pengangan atau sebagainya 2). Hasil pelaksanaan implementasi supervisi klinis yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru memberikan dampak positif guru- guru tersebut juga semakin mengerti tugas sebagai pendidik yang profesional 3). Kendala dan solusi supervisi klinis yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru secara umum yaitu waktu, sarana prasarana, kurangnya guru dalam mata pelajaran umum dan faktor ekonomi dan solusi yang diberikan kepada guru dengan diadakan rapat dewan guru. Penerapan peraturan sekolah dan bagi guru kurang dalam segi ekonomi maka kepala sekolah memberikan jam tambahan.

Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya implementasi supervisi klinis kepala madrasah ini dapat meningkatkan produktifitas dan motivasi kerjaguru serta dapat meningkatkan profesional guru yang lebih baik.

Abstract

This research aims to know 1) planning the implementation of clinical supervision conducted by the principal in improving the professional teachers in MTsN 2 KAPUAS, 2) results of the implementation of clinical supervision conducted by the principal in the Improving professional teachers in MTsN 2 KAPUAS, 3) Constraints and clinical supervision solutions conducted by the principal in improving the professional teachers in MTsN 2 KAPUAS.

This Research uses a qualitative type of research with a descriptive approach to data collection techniques that use observation techniques, interviews, and documentation studies. Analysis of data, presentation of data, and withdrawal of conclusions, and for the validity of data refers to four standards of validation consisting of credibility, acquisition, dependency, and certainty. In this case the subjects of his research were: Principal, Guru at MTsN 2 KAPUAS.

The results of this study reveal the following findings: 1) The planning that the principal has done in improving the teacher's professional is to design what he wants to be supervised according to the needs and needs of teacher teachers by involving several teachers.Supervision of the headmaster such as coming in the classroom to see learning activities in class, prepare learning equipment SUCH AS RPP or syllabus. Prota, Prosem, assessment, props, knuckles or so on 2). The results of the implementation of clinical supervision conducted by the school principal in improving the professional teachers have a positive impact and the teachers in this field can mostly be built, although some are also slightly difficult to build. The teachers also increasingly understand the task as a professional educator 3). Constraints and clinical supervision solutions undertaken by the headmaster in improving professional teachers in general are time, infrastructure, lack of teachers in general subjects and economic factors and solutions given to teachers with held teacher Council meetings. The implementation of school rules and teachers is lacking in economics, and the headmaster provides additional hours.

It can be concluded that with the implementation of clinical supervision of the Madrasah head can increase the productivity and motivation of the work and can improve the professional teacher better.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Profesional Guru; Supervisi Klinis; Kepala Sekolah
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 14 Jul 2021 07:26
Last Modified: 14 Jul 2021 07:26
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3210

Actions (login required)

View Item View Item