Representasi pendidikan karakter dalam keluarga pada film animasi nussa

Santi, Santi (2020) Representasi pendidikan karakter dalam keluarga pada film animasi nussa. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Santi - 1301111739.pdf

Download (3MB)

Abstract

Film sebagai salah satu jenis media massa yang menjadi saluran berbagai macam gagasan konsep, serta dapat memunculkan dampak dari penyangganya. Ketika seseorang melihat film maka pesan yang disampaikan dalam film secara tidak langsung akan berperan dalam pembentukan pemikiran seseorang terhadap film. Film juga berfungsi sebagai duta dalam pergaulan antar bangsa.Film merupakan karya cipta manusia yang berkaitan erat dengan berbagai aspek kehidupan, mampu menghubungkan gambaran masa lampau dengan sekarang, mencerdaskan dan mencerahkan bangsa karena memberikan nilai-nilai keberagaman yang terkandung didalamnya, seperti sarana penerangan atau informasi, pengekspresian seni, dan pendidikan.Dinilai dari sudut mana pun, film adalah acuan otentik tentang berbagai hal termasuk perkembangan sejarah suatu bangsa.

Dalam penelitian ini memilih metode penelitian Kualitatif.Penelitian yang dilakukan pada Film Nussa dan Rara ini yaitu berupa pemutaran film dan peneliti terlibat langsung dalam penelitian untuk menganalisis isi dari film tersebut.Subjek yang digunakan didalam penelitian ini adalah Film Nussa dan Rara. Objek yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Pesan Pendidikan Karakter dalam keluarga di Film Nussa dan Rara. Tektik pengumpulan data dengan cara menonton film animasi Nussa dan Rara.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti mengenai Representasi Pesan Pendidikan Karakter dalam film Animasi Nussa dan Rara maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat beberapa adegan yang mengandunpg pesan pendidikan karakter yang ada didalam kelaurga yang dipandang melalui sudut semiotika yang terdapat dalam enam belas episodeyang dipilih dan didapatkan bahwa kategori pendidikan karakter delapan belas nilai-nilai dalam pendidikan karakter terdiri atas; religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, Semangat kebangsaan atau nasionalisme, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab.

Abstract

Film as one of the types of mass media that channels various kinds of concept ideas, and can bring up the impact of the buffer. When someone sees a film, the message conveyed in the film will indirectly play a role in shaping one's thoughts towards the film. The film also functions as an ambassador in the association between nations. Film is a human work that is closely related to various aspects of life, able to connect the picture of the past with the present, enlighten and enlighten the nation because it provides the values of diversity contained therein, such as information or information facilities, art expression, and education. Judged from any angle, the film is an authentic reference about various things including the historical development of a nation.

In this study choose qualitative research methods. Research conducted on the Nussa and Rara Films is in the form of film screenings and researchers are directly involved in research to analyze the contents of the film. The subjects used in this study were Nussa and Rara Films. The object used in this study is the Character Education Message in the family in Nussa and Rara Films. Tectik data collection by watching the animated film Nussa and Rara.

Based on research conducted by researchers on the Representation of Character Education Messages in the animation film Nussa and Rara, it can be concluded that there are several scenes containing character education messages that are in the family viewed through the semiotic angle contained in the sixteen episodes chosen and found that the eighteen character education category values in character education consist of; religious, honest, tolerance, discipline, hard work, creative, independent, democratic, curiosity, nationalism or nationalism, love the motherland, appreciate achievement, communicative, peaceful love, reading fondness, environmental care, social care and responsibility.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Representasi; Pendidikan Karakter
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190204 Film and Television
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 11 Jun 2021 08:35
Last Modified: 14 Jun 2021 07:54
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3066

Actions (login required)

View Item View Item