Isnaini, Rima (2020) Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing bermuatan artikel ilmiah populer pada materi sistem saraf kelas XI MA Darul Ulum Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Rima Isnaini - 1601140446.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan dari hasil analisis kebutuhan yaitu belum adanya modul berbasis inkuiri terbimbing yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran sehingga perlu adanya pengembangan modul untuk membantu proses pembelajaran peserta didik di MA Darul Ulum Palangka Raya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui deskripsi, validitas dan kepraktisan modul berbasis inkuiri terbimbing bermuatan artikel ilmiah populer pada materi sistem saraf yang bermanfaat untuk menambah bahan ajar bagi guru, membantu pemahaman konsep bagi peserta didik dan menjadi acuan untuk dapat mengembangkan produk yang lain bagi peneliti.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Uji produk yaitu pada skala kecil di MA Darul Ulum Palangka Raya dan instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli materi dan ahli media untuk mengukur validitas serta angket respon peserta didik dan angket observasi keterlaksanaan untuk mengukur kepraktisan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa deskripsi modul yang dikembangkan yaitu berupa modul yang basis didalamnya memuat tahapan-tahapan inkuiri terbimbing dan merupakan modul yang memenuhi aspek materi dan media serta sesuai dengan tahap pengembangan ADDIE. Modul yang dikembangkan memperoleh nilai validasi ahli materi persentase 87% dengan kriteria valid dan validasi ahli media memperoleh persentase 75% dengan kriteria cukup valid dan dapat digunakan pada tahap selanjutnya. Sedangkan nilai kepraktisan memperoleh persentase 82% dengan kriteria sangat baik dan keterlaksanaannya memperoleh persentase 97,22% dengan kriteria sangat berhasil. Berdasarkan hasil penelitian maka produk modul berbasis inkuiri terbimbing bermuatan artikel ilmiah populer pada materi sistem saraf dinyatakan valid dan praktis pada uji skala kecil di MA Darul Ulum Palangka Raya.
Abstract
This research is based on the results of the needs analysis that there is no guided inquiry-based module that can be used in the learning process so there is a need to develop modules to assist the learning process of students in MA Darul Ulum Palangka Raya. The purpose of this study is to find out the description, validity and practicality of guided inquiry-based modules containing popular scientific articles on nervous system material that are useful for adding teaching material to teachers, helping to understand concepts for students and become a reference for developing other products for researchers .
This type of research is Research and Development (R&D) with ADDIE development model consisting of 5 stages of development, namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Product testing is on a small scale at MA Darul Ulum Palangka Raya and the instrument used is a questionnaire validation of material experts and media experts to measure the validity and questionnaire responses of students and observations of the implementation to measure practicality.
The results showed that the description of the module developed was in the form of a module whose base contained the stages of guided inquiry and was a module that met the material and media aspects and was in accordance with the ADDIE development stage. The module that was developed gained 87% material expert validation value with valid criteria and media expert validation obtained 75% percentage with sufficiently valid criteria and can be used at a later stage. While the practicality score obtained a percentage of 82% with very good criteria and the feasibility obtained a percentage of 97.22% with very successful criteria. Based on the results of the study, the guided inquiry-based module product containing popular scientific articles on the nervous system material was declared valid and practical on a small scale test at MA Darul Ulum Palangka Raya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Artikel Ilmiah Populer; Sistem Saraf;Inkuiri Terbimbing |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 10 Jun 2021 07:26 |
Last Modified: | 10 Jun 2021 07:26 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3050 |
Actions (login required)
View Item |