Penerapan tehnik belajar berpasangan pada mata pelajaran pai kelas VII terhadap hasil belajar di SMP Negeri 4 Mentaya Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur

Norhikmah, Norhikmah (2020) Penerapan tehnik belajar berpasangan pada mata pelajaran pai kelas VII terhadap hasil belajar di SMP Negeri 4 Mentaya Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Norhikmah - 1501112007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari dari masalah yang ditemukan dari hasil observasi di SMP Negeri 4 Mentaya Hulu Berdasarkan hasil wawancara pada hari selasa tanggal 13 Maret 2019 pukul 20.00 WIB hasil wawancara peneliti dengan dengan siswa yang sekolah di SMPN-4 Mentaya Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur yang berinisial R mengatakan bahwa proses pembelajaran disekolah tersebut guru hanya menyuruh siswanya mencatat, setelah itu baru dijelaskan, tanpa diberikan tugas kepada siswa, seharusnya ketika sudah menjelaskan materi guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakannya. Untuk itu peneliti ingin menerapkan teknik belajar berpasangan dengan diterapkannya teknik belajar berpasangan ini diharapkan adanya perubahan dalam melaksanakan pembelajaran dikelas, sehingga pembelajaran dikelas menjadi lebih efektif.

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penerapan teknik belajar berpasangan pada matapelajaran di kelasVII SMPN 4Mentaya Hulu, 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan teknikbelajar berpasangan pada mata PAI kelas VII di SMPN 4 Mentaya Hulu 3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan teknik belajar berpasangan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif jenis Deskriptif dengan pendekatan kuantitatif desain pre test dan post test, tanpa kelas kontrol dengan sampel penelitian 22 orang siswa kelas VII SMPN 4 Mentaya Hulu. Instrumen pada penelitian inimenggunakan tes.

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Penerapan teknik belajar berpasangan pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Mentaya Hulu,hasil penerapan teknikbelajar berpasangan yang diperoleh oleh siswa yaitu 78,5 dengan kriteria Baik 2) Hasil belajar siswa setelah menerapkan teknik belajar berpasangan memperoleh nilai post test tertinggi sebesar 90 dengan kriteria sangat baik jumlah keseluruhan nilai post test adalah 1842, dengan rata-rata hasil belajar 82,27. 3) Peningkatan hasil belajar setelah penerapan teknik belajar berpasangan sangat mengalami peningkatan yaitu 0,74 masuk dalam kriteria tinggi.

Abstract

This study analyzed the problem found out of observation results at State Junior High School (SMPN) 4 Mentaya Hulu. It was based on the results of interview conducted on Tuesday, March 13, 2019 at 8 PM. The researcher interviewed a student (with the initial ‘R’) who studied at SMPN-4 Mentaya Hulu, East Kotawaringin. The student stated that the learning process at that school was merely by asking students to take notes before being explained and without giving assignments. Additionally, the student stated that teachers should give assignment after giving explanation about the materials. For this reason, the researcher needed to apply paired learning technique which is expected that there would be changes of learning process, so that learning process becomes more effective.

This study was aimed: 1) To know the implementation of paired learning technique of PAI (Islamic religious study) subject of grade VII at SMPN 4 Mentaya Hulu, 2) To find out student’s learning outcome after the implementation of paired learning technique of PAI (Islamic religious study) subject of grade VII at SMPN 4 Mentaya Hulu, 3) To find out student’s learning outcomes improvement after the implementation of paired learning technique.

This study applied descriptive with quantitative approach with pre-test and post-test designs, without class control with the sample of 22 students of grade VII at SMPN 4 Mentaya Hulu. The instruments of this study used test.

The results showed that 1) The implementation of paired learning technique of PAI (Islamic religious study) subject of grade VII at SMPN 4 Mentaya Hulu with the results obtained by students were 78.5 with Good criteria, 2) student’s learning outcome after the implementation of paired learning technique obtained the highest post-test scores with 90 with very good criteria. The total number of post-test scores was 1842, with an average learning outcome of 82.27, 3) The improvement of learning outcomes after the implementation of paired learning technique was greatly increased which was 0.74 that included as high criteria

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpasangan;Teknik Belajar;Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 09 Jun 2021 07:09
Last Modified: 24 Sep 2021 06:33
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3039

Actions (login required)

View Item View Item