Problematika dalam penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran pendidikan agama islam ( PAI ) di MIS Muslimat NU Kota Palangka Raya

Marjuki, Marjuki (2020) Problematika dalam penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran pendidikan agama islam ( PAI ) di MIS Muslimat NU Kota Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Marjuki - 16016022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasari dari keteranagan beberapa guru PAI madrasah ibtidaiyah di kota Palangka Raya termasuk salah satunya guru di MIS Muslimat NU Palangka Raya, yang menyatakan masih banyak kendala dengan diberlakukannya kurikulum 13 terutama dalam penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI. Permasalahan-permasalahan tersebut banyak muncul khususnya pada madrasah-madrasah swasta di kota Palangka Raya, Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk Untuk 1) Untuk menganalisis problematika guru dalam menerapkan pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di MIS Muslimat NU Kota Palangka Raya. 2) Untuk menganalisis upaya guru dalam mengatasi problem dalam menerapkan pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di MIS Muslimat NU Kota Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis kualitatif deskriptif. Tempat penelitian di MIS Muslimat NU Kota Palangka Raya, dengan subjek penelitian adalah 4 orang guru yang tergolong dalam mata pelajaran PAI dan informan penelitian adalah kepala sekolah dan waka kurikulum. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik pengabsahan data menggunakan teknik trianggulasi yaitu triangulasi sumber data metode, kemudian teknik analisis data dilakukan beberapa tahap yaitu data Reduction, data Display dan Conclusions Drawing/ Verifying.

Hasil temuan penelitian adalah: 1) Problematika guru dalam penerapkan pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di MIS Muslimat NU Palangka Raya bersumber dari tiga dimensi yaitu guru, siswa, dan sarana prasarana. Dari dimensi guru, dimana belum mampu menerapkan pendekatan saintfik dengan baik. Dari dimensi siswa, yaitu menyangkut minat dan motivasi belajar dan dari dimensi sarana prasarana, ialah kurangnya sarana pembelajaran yang dapat mendukung poendekatan saintifik. 2) Upaya guru dalam mengatasi problem yang dihadapi dalam penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di MIS Muslimat NU Palangka Raya dari dimensi guru, dengan belajar secara mandiri melalui sumber dari internet serta belajar dengan teman sejawat di sekolah maupun dengan teman satu gugus dalam kegiatan KKG. Dari dimensi siswa, guru memanfaatkan media yang ada sebaik mungkin, membuat suasana pembelajaran senyaman dan semenarik mungkin, mengejak siswa belajar keluar atau belajar dengan alam, meningkatkan motivasi dan minat siswa dengan memberikan hadiah bagi siswa yang aktif dalam pembelajaran. Sedangkan dari dimensi sarana dan prasarana pembelajaran, dengan membuat bahan ajar sendiri dan berusaha melengkapi buku-buku penunjang yang ada.

Abstract

This research is based on the involvement of several Islamic education teachers at madrasah ibtidaiyah in Palangka Raya city, including one teacher at MIS Muslimat NU Palangka Raya, who stated that there are still many obstacles with the implementation of curriculum 13, especially in the application of the scientific approach to PAI subjects. These problems arise a lot, especially in private madrasas in the city of Palangka Raya. Based on this, this study aims to 1) To analyze the problems of teachers in applying a scientific approach to Islamic Education subjects at MIS Muslimat NU Palangka Raya City. 2) To analyze the teacher's efforts in overcoming problems in applying a scientific approach to Islamic Education subjects at MIS Muslimat NU Palangka Raya City.

This research uses a qualitative approach, with a descriptive qualitative type. The research site at MIS Muslimat NU Palangka Raya City, with the research subjects were 4 teachers belonging to the PAI subject and the research informants were the principal and the curriculum waka. The data collection techniques used observation, interview and documentation techniques, while the data validation technique used triangulation techniques, namely triangulation of data sources methods, then the data analysis technique was carried out in several stages, namely data reduction, data display and Conclusions Drawing / Verifying.

The results of the research findings are: 1) The problems of teachers in applying the scientific approach to Islamic Education subjects in MIS Muslimat NU Palangka Raya City originate from three dimensions, namely teachers, students, and infrastructure. From the teacher dimension, which has not been able to apply the scientific approach properly. From the student dimension, which concerns interest and motivation to learn and from the dimensions of infrastructure, it is the lack of learning facilities that can support a scientific approach. 2) The efforts of the teacher in overcoming the problems faced in the application of the scientific approach to Islamic Education subjects at MIS Muslimat NU Palangka Raya City from the teacher dimension, by learning independently through sources from the internet and studying with peers at school or with friends in the KKG activities. From the student dimension, the teacher makes the best possible use of existing media, makes the learning atmosphere as comfortable and attractive as possible, makes students learn outside or learns with nature, increases student motivation and interest by giving gifts to students who are active in learning. Meanwhile, from the dimensions of learning facilities and infrastructure, by making your own teaching materials and trying to complement the existing supporting books.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problematika; Guru PAI; Pendekatan Saintifik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 11 May 2021 03:19
Last Modified: 11 May 2021 03:19
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2931

Actions (login required)

View Item View Item