Rusadi, Hadi (2020) Strategi guru mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran tahfidzul qur’an juz 30 Di SD IT Mujahidul Amin Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Hadi Rusadi - 1601170052.pdf Download (920kB) |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan pada pengkajian terhadap pembelajaran Tahfidzul Qur’an juz 30, dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an juz 30 siswa mempunyai kesulitan yang dihadapi, Diantaranya yaitu malas melakukan sema’an yang mana sema’an adalah proses mengingat kembali hafalan dengan sesama teman, guru maupun orangtua dari ayat-ayat yang telah dihafal, tidak sungguh-sungguh yang mana disebabkan oleh kurangnya semangat dalam menjalani proses pembelajaran Tahfidzul Qur’an serta tidak tekun. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan dan kesulitan siswa dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an juz 30 di SD IT Mujahidul Amin, serta strategi guru mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an juz 30 di SD IT Mujahidul Amin.
Adapun permasalahan yang dibahas dalam masalah pokok pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an juz 30 di SD IT Mujahidul Amin? (2) Apa saja kesulitan siswa dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an juz 30 di SD IT Mujahidul Amin? (3) Bagaimana strategi guru mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an juz 30 di SD IT Mujahidul Amin?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data deskriptif yang diperoleh dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini merupakan data yang dikumpulkan oleh peneliti dari sumber pertama yaitu dua orang guru pembelajaran Tahfidzul Qur’an juz 30 di SD IT Mujahidul Amin. Dalam penelitian ini juga digunakan sumber data dokumentasi yaitu data yang dapat dikatakan berupa dokumen-dokumen yang mampu menunjang sumber data pertama. Pengabsahan data pada penelitian ini menggunakan trianggulasi teknik dan dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian pertama, pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an dilaksanakan di masa pandemi Covid-19 dengan dua sistem yaitu secara dalam jaringan (daring) dan secara tatap muka. Kedua, dalam pembelajaran Tahfidzul juz 30 di SD IT Mujahidul Amin terdapat kesulitan siswa dalam proses pembelajaran seperti tidak mengusai makharijul huruf, adanya ayat yang serupa, kurangnya bimbingan dan perhatian dari orangtua sehingga sebagian siswa tidak istiqamah dalam men-takrir dan mengulang hafalan secara rutin serta malas melakukan sema’an. Ketiga ialah strategi guru mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an juz 30 seperti strategi pengulangan ganda, tidak beralih pada ayat berikutnya, menggunakan satu jenis mushaf, memperhatikan dan menjelaskan ayat yang serupa, menciptakan suasana belajar yang nyaman dan variasi dalam mengajar serta disetorkan pada seorang guru.
ABSTRACT
The research based on an assessment of learning Tahfidzul Qur'an juz 30, in learning Tahfidzul Qur'an juz 30 students have difficulties faced. As well as parents of the verses that have been memorized, they are not serious because lack of enthusiasm in undergoing the process of learning Tahfidzul Qur'an and not being diligent. The purpose of this study is to describe how the implementation and difficulties of students in learning Tahfidzul Qur'an juz 30 at SD IT Mujahidul Amin, as well as teacher strategies to overcome student difficulties in learning Tahfidzul Qur'an juz 30 at SD IT Mujahidul Amin.
The research problems discussed in this study are (1) How is the implementation of learning Tahfidzul Qur'an juz 30 at SD IT Mujahidul Amin? (2) What are the students' difficulties in learning Tahfidzul Qur'an juz 30 at SD IT Mujahidul Amin? (3) What is the teacher's strategy for overcoming student difficulties in learning Tahfidzul Qur'an juz 30 at SD IT Mujahidul Amin?
This research was descriptive qualitative research. The data collection were used descriptive data obtained from observation, interview and documentation techniques. The data source was collected by source, and learning teachers Tahfidzul Qur'an juz 30 at SD IT Mujahidul Amin. In this study, documentation data sources were also used, namely data which can be said to be in the form of documents capable of supporting the first data source. Data validation in this study used technical triangulation and analyzed using data reduction, data presentation and verification.
The results of the first study, the implementation of Tahfidzul Qur'an learning was carried out during the Covid-19 pandemic with two systems, namely online and face-to-face. Second, in the learning of Tahfidzul juz 30 at SD IT Mujahidul Amin there are difficulties for students in the learning process such as not mastering the makharijul letters, the existence of similar verses, lack of guidance and attention from parents so that some students are not active in taking takrir and repeating memorization regularly and lazy to do everything. The third is the teacher's strategy to overcome students' difficulties in learning Tahfidzul Qur'an juz 30 such as a multiple repetition strategy, not switching to the next verse, using one type of Mushaf, paying attention to and explaining similar verses, creating a comfortable learning atmosphere and variations in teaching and depositing it in a teacher.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 11 May 2021 01:47 |
Last Modified: | 11 May 2021 01:47 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2930 |
Actions (login required)
View Item |