Destari, Nadhiya (2020) Inovasi produk kue nazka dalam meningkatkan kepuasan konsumen di Sukabumi Jawa Barat. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Nadhiya Destari- 1604120574.pdf Download (2MB) |
Abstract
Usaha produk kue Nazka merupakan suatu usaha yang kreatif dan inovatif. Strategi usaha yang digunakan dengan harga yang terjangkau dan konsumen yang membeli kue nya banyak mendapatkan bonus 5% dan konsumen yang membawa pelanggan baru mendapatkan bonus 10%. Penelitian ini difokuskan pada dua permasalahan yaitu, (1) Bagaimana inovasi produk kue Nazka di Sukabumi Jawa Barat; (2) Apakah inovasi produk kue Nazka mampu meningkatkan kepuasan konsumen di Sukabumi Jawa Barat. Tujuannya yaitu untuk mengetahui inovasi produk kue Nazka dan mampu meningkatkan kepuasan konsumen di Sukabumi Jawa Barat.
Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian adalah pemilik Toko Kue Nazka dan karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Sedangkan teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber berarti membandingkan ulang suatu informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Adapun teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah (1) Data Collection, (2) Data Reduction, (3) Data Display, (4) Conclusion Drawing.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Inovasi produk kue Nazka selambat-lambatnya minimal 1 minggu sekali, dari segi rasa lebih diutamakan, bentuknya atau karakternya lebih divariasikan agar tetap menarik oleh konsumen, (2) Konsumen merasa puas, karena sering membeli produk kue Nazka lebih dari tiga kali, lalu mempromosikan kepada teman atau kerabatnya, produknya enak dengan harga yang terjangkau, pelayanan yang ramah dan lokasi strategis dekat dengan jalan raya.
Abstract
The Nazka cake product business is a creative and innovative venture. The business strategy that is used at an affordable price and many consumers who buy their cakes get a 5% bonus and consumers who bring new customers get a 10% bonus. This research is focused on two problems namely, (1) How is the innovation of Nazka cake products in Sukabumi West Java; (2) Whether the innovation of Nazka cake products can improve consumer satisfaction in Sukabumi, West Java. The goal is to find out Nazka cake product innovation and be able to increase consumer satisfaction in Sukabumi, West Java.
This researcher uses a descriptive qualitative research approach. The subjects in the study were Nazka Cake Shop owners and employees. Data collection techniques using techniques (1) observation, (2) interviews, (3) documentation. While the data validation technique uses the source triangulation technique, it means comparing the information obtained through different sources. The data analysis techniques used by researchers are (1) Data Collection, (2) Data Reduction, (3) Data Display, (4) Conclusion Drawing.
The results showed that: (1) Innovation of Nazka cake products at least once a week, in terms of taste is preferred, the shape or character is more varied in orderto remain attractive to consumers, (2) Consumers are satisfied, because they often buy Nazka cake products. More than three times, then promoted to friends or relatives, delicious products at affordable prces, friendly service and a strategic location close to the main road.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Kepuasan; Strategi; Konsumen ; Inovasi |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 07 May 2021 05:14 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 05:10 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2921 |
Actions (login required)
View Item |