Pengembangan media scrapbook pada mata pelajaran tematik kelas V di MIS Mutiara Insan Palangka Raya

Sari, Desy Fajar (2020) Pengembangan media scrapbook pada mata pelajaran tematik kelas V di MIS Mutiara Insan Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Desy Fajar Sari - 1601170060.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini yaitu hendaknya setiap guru berupaya mengembangakan sendiri pengembangan media pembelajaran sederhana yang dapat dikembangkan oleh guru sehingga dapat meningkatkan keprofesionalan guru. Melihat dari permasalahan tersebut, maka perlu adanya inovasi pembuatan media yang sesuai dengan materi dan lingkungan belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana pengembangan media scrapbook pada mata pelajaran Tematik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (2) Bagaimana kelayakan media scrapbook pada mata pelajaran Tematik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah. Dengan tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan pengembangan media scrapbook pada mata pelajaran Tematik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (2) Mendeskripsikan kelayakan media scrapbook pada mat pelajaran Tematik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah.

Tahap-tahap penelitian menggunakan model ADDIE, yaitu : analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket ( ahli media, materi, uji coba perorangan dan kelompok yang dilakukan di MIS Mutiara Insan)

Hasil penelitian menunjukan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan penilaian ahli media menyebutkan bahwa jumlah skor hasil penilaian yang diperoleh adalah 76 dan presentase kelayakannya adalah 95% kriteria “Sangat Layak”. Penilaian ahli materi menyebutkan bahwa jumlah skor hasil penilaian yang diperoleh adalah 45 dan presentase kelayakannya adalah 90% kriteria :Sangat Layak”. Tanggapan siswa berdasarkan uji coba perorangan skor yang diperoleh adalah 41 dan presentase kelayakannya adalah 82% kriteria “Sangat Layak”. Berdasarkan uji coba kelompok skor yang diperoleh adalah 173 dan presentase kelayakannya adalah 96,11% kriteria “Sangat Layak”. Media telah divalidasi oleh ahli media dan materi dan dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran Tematik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah.

Abstract

The background from this research is that every teacher should strive to develop their own simple learning media that can be developed by the teacher so that it can improve teacher professionalism. Judging from these problems, it is necessary to have an innovation in making media that is in accordance with the material and student learning environment. The formulation of the research problems are (1) How is the development of scrapbook media in the 5 grade of thematic lesson at Madrasah Ibtidaiyah (2) How is the appropriateness of scrapbook media in 5 grade of thematic lesson at Madrasah Ibtidaiyah. With the aims from this research are (1) Describing the development of scrapbook media on Thematic lesson in 5 grade at Madrasah Ibtidaiyah (2) Describing the feasibility of scrapbook media in 5 grade of Thematic lesson at Madrasah Ibtidaiyah.

The stages from this research used the ADDIE model, namely: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The analysis in this study uses qualitative and quantitative analysis. The instruments used in this study were observation, documentation and questionnaires (media validator, material validator, individual and group trials conducted at MIS Mutiara Insan).

The results showed that the developed media has qualified the requirements to be used as a learning media. Based on the assessment of the media validator, the total score of the results obtained is 76 and the percentage of eligibility is 95% for the criteria of "Very Eligible ". The material validator's assessment states that the total score of the results obtained is 45 and the percentage of eligibility is 90% for the criteria of "Very Eligible". Student responses based on individual trials, the score obtained was 41 and the percentage of eligibility was 82% for the criteria of "Very Eligible". Based on the group trial, the score obtained was 173 and the appropriate percentage was 96.11% for the criteria of "Very Eligible". The media has been validated by media and material experts and declared very feasible to be used as a Thematic learning media for 5 grade Madrasah Ibtidaiyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Scrapbook;Pengembangan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 06 May 2021 03:40
Last Modified: 06 May 2021 03:43
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2912

Actions (login required)

View Item View Item