Analisis kesesuaian RPP dengan media pembelajaran tema 7 sub.tema 2 kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Darul Arqam Sukamara

Astuti, Fuji (2020) Analisis kesesuaian RPP dengan media pembelajaran tema 7 sub.tema 2 kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Darul Arqam Sukamara. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Fuji Astuti - 1601170050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak belakang pada pembelajaran abad ke-21 dimana guru dituntut memiliki standar dalam proses pembelajaran. Guru harus menciptakan pembelajaran yang aktif dan bermakna bagi siswa. Untuk menciptakan sebuah pembelajaran bermakna tersebut diperlukan sebuah perencanaan. Perencanaan yang tidak cukup matang akan membuat tidak terstrukturnya sebuah pembelajaran. Apalagi penyesuaian pada setiap komponen yang ada pada sebuah perencanaan harus dipikirkan dengan matang. Ditambah dengan dikeluarkannya surat edaran penyederhanaan RPP menjadi 1 lembar. Setiap komponen harus benar-benar diperhatikan. Komponen di dalam sebuah rancangan pembelajaran (RPP) memiliki keterkaitan satu sama lain, guna tercapainya sebuah tujuan pembelajaran. Salah satu komponen pokok dalam sebuah pembelajaran adalah media.

Media pembelajaran merupakan bagian integral atau yang amat penting dalam sebuah komponen pembelajaran. Penggunaan media pada saat pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian isi serta pesan pembelajaran, serta membangkitkan motivasi dan pemahaman siswa dalam pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian RPP dengan media pembelajaran pada Tema 7, Sub.Tema 2 kelas IV di MI Darul Arqam Sukamara, serta faktor yang menjadi kendala guru dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode historis, dengan subjek penelitian Guru Kelas IV A dan objek penelitian kesesuaian RPP dengan media pembelajaran, teknik pengumpulan data yakni melalui wawancara dan dokumentasi. Adapun pengabsahan data menggunakan triangulasi data/sumber data, dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kesesuaian antara RPP dengan media pembelajaran dapat dikatakan sudah sesuai. Guru membuat RPP dengan sistem download di internet lalu mengganti isi di dalam RPP tesebut. Guru menggunakan format RPP 1 lembar sesuai dengan surat edaran Mendikbud No.14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP; guru tidak membuat media pembelajaran sendiri, tetapi menggunakan media yang disediakan oleh sekolah, yaitu buku LKS, yang termasuk dalam media grafis; (2). Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab guru tidak membuat media pembelajaran sendiri, diantaranya; faktor ketersediaan bahan; faktor biaya dan faktor ketersediaan waktu.

Abstract

The background of this research is the 21 Century learning where teacher demanded to has standard in learning process. Teacher must create an active and meaningful learning for students. To create meaningful learning need planning. An unorganized planning will make unstructured learning. Moreover the compability in each component in a lesson plan simplification become 1 sheet. Each component must be noticed. Component in a lesson plan must has relevance each other, to achieve the learning objective. One of main component in a learning is media.

Learning media is an integral part of the most important in a learning media. The using media when learning will very help effectiveness of learning process and convey the content and learning message, also raise students’ motivation and understanding in learning.

The research objective is to know the compatibility lesson plan and learning media on theme 7 sub theme 2 at MI Darul Arqam Sukamara, also the inhibitor factors for teacher in making and using learning media.

The research used qualitative descriptive approach with historical method, the teacher of fourth grader as correspondent, and the research object was compatibility of lesson plan and learning media, data collection technique used interview and documentation. While data validation used source or data triangulation and data analysis technique used Miles and Hubeman model.

The result showed that : (1) Compatibility between lesson plan and learning media can be said has already compatible. Teacher made lesson pan and download system in internet then changed content inside that lesson plan. Teacher used 1 sheet format lesson plan appropriate with Circular letter of Minister of Education and Culture No.14 Year 2019 abot lesson plan simplification; teacher didn’t make their own learning media, but used media that provided by school, like student worksheet that included graphic media, (2) There were some factors that make didn’t make their own lesson plan, like material availability, cost and time availability factor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran;Pelaksanaan Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 28 Apr 2021 04:38
Last Modified: 06 Aug 2021 08:00
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2889

Actions (login required)

View Item View Item