Ernawati, Ernawati (2019) Problematika pengelolaan Kelas iv di Mis Nu kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
bagian awal skripsi .pdf Download (241kB) |
|
Text
Isi skripsi Ernawati - 1361112391.pdf Download (390kB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari berbagai problematika yang terjadi dalam pengelolaan Kelas IV di MIS NU Kota Palangka Raya. Jumlah siswa yang melebihi batas maksimal, serta beragamnya latar belakang siswa yang menjadi peserta didiknya tidak hanya berasal dari pemukiman sekitar madrasah akan tetapi dari berbagai penjuru Palangka Raya. Kondisi beberapa kelas yang semi permanen bertingkat menyebabkan kegaduhan lebih jelas terdengar dari ruang kelas yanng berada tepat di atasnya sehingga menambah kesulitan guru dalam menyampaikan materi serta pengelolaan kelas. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis tertarik mengadakan penelitian tentang Problematika Pengelolaan Kelas IV di MIS NU Palangka Raya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan problematika yang terjadi dalam pengelolaan kelas dan upaya guru dalam mengatasi problematika yang terjadi dalam kelas IV di MIS NU Kota Palangka Raya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif, dengan alasan peneliti ingin mendiskripsikan problematika yang terjadi dalam pengelolaan kelas IV di MIS NU Kota Palangka Raya. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah guru kelas dan objeknya adalah pengelolaan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui pengamatan, hasil wawancara, dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data penilitian ini menggunakan Triangulasi data. Adapun untuk analisis data dilakukan melalui mengumpulkan data, pengembangan data, penampilan data dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) problematika yang terjadi dalam kelas IV di MIS NU Kota Palangka Raya diantaranya yaitu, jumlah siswa yang melebihi batas maksimal, terdapat siswa yang terlalu aktif namun kurang mampu menyerap materi pembelajaran sehingga tidak betah berada di dalam kelas dan keluar masuk kelas untuk izin ke kamar kecil 2). upaya guru dalam mengatasi berbagai kendala yang dihadapi dalam pengelolaan kelas di antaranya terus berusaha memberikan perhatian semaksimal mungkin kepada seluruh peserta didik dalam pembelajaran, meskipun dengan keterbatasan waktu dan tenaga dalam mengendalikan siswa yang sering memicu munculnya masalah di dalam kelas.
ABSTRACT
This Research departs from various Problematic that occur in the managaement of class IV in the MIS NU in the city of Palangka Raya. The number of students that exceeds the maximum limit, as well as the diverse backgrounds of students who become students not only come from settlements around the madrasa but from various parts of Palangka Raya. The condition of some semi-permanent classrooms causes more clearly noise from the classroom directly above it, which increases the difficulty of the teacher in delivering material and class management. Based on the above background, the writer is interested in conducting research on Management Problems of Class IV at MIS NU Palangka Raya.
The purpose of this study is to describe the problematic problems that occur in classroom management and the efforts of the teacher in dealing with the problems that occur in class IV in the MIS NU in the city of Palangka Raya.
The method used in this study is to use qualitative methods, with the reason that researchers want to describe the problems that occur in the management of class IV in the MIS NU in the city of Palangka Raya. The subject of this research is the classroom teacher and the object is classroom management. Data collection is done through observation, interviews, documentation. To test the validity of this research data using data triangulation. The data analysis is done through collecting data, developing data, displaying data and drawing conclusions from the data obtained.
The result of this research show that : 1) problematic that occurs in class IV in MIS NU in the city of Palangka Raya, the number of students that exceeds the maximum limit, there are students who are too active but are less able to absorb learning material so they do not feel at home in the classroom often by going out to the classroom for permission to use the restroom 2). Teachers’s efforts in overcoming various obsttacles faced in classroom management include continuing to givesas much attention as posible to all students in lerning, although with limited time and energy in controlling students which often triggers problems in the classroom.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan agama islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:04 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 03:04 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2872 |
Actions (login required)
View Item |