Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam pada masa Covid-19 di MTs Sabilal Muhtadin Jaya Karet

Evialida, Nur (2020) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam pada masa Covid-19 di MTs Sabilal Muhtadin Jaya Karet. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Nur Evialida - 1601112058.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari maraknya wabah covid-19 sehingga pembelajaran tatap muka atau secara langsung tidak dapat dilaksanakan lagi. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan pembelajaran lainnya yang dilaksanakan saat ini menjadi hal baru yang dirasakan oleh guru maupun siswa di MTs Sabilal Muhtadin. Pembelajaran tersebut biasanya ketika di sekolah dijelaskan dan diceritakan langsung oleh guru sementara sekarang siswa belajar Sejarah Kebudayaan Islam secara mandiri di rumah masing-masing melalui sistem daring. Motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam dianggap sebagai faktor penting untuk keberhasilan belajar siswa. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentang motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Sabilal Muhtadin saat mengikuti pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mts Sabilal Muhtadin pada masa covid-19?” Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada saat mengikuti pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Sabilal Muhtadin Jaya Karet.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII dan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebagai informan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII di MTs Sabilal Muhtadin memiliki motivasi belajar yaitu: Siswa yang memiliki hasrat dan keinginan berhasil dalam belajar menunjukkan ketekunan atau kemaun dalam belajar dan mengulang kembali pelajaran yang sebelumnya sudah diajarkan oleh guru. Siswa yang memiliki minat dan perhatian terhadap pelajaran menunjukkan ketertarikan dalam belajar SKI dan selalu memperhatikan saat guru menerangkan. Siswa yang bersemangat untuk melakukan tugas-tugas belajarnya menunjukkan kesegeraan dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Siswa selalu mendapatkan penghargaan dalam belajar yaitu berupa nilai tambahan dan berupa pujian yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa. Reaksi yang baik ditunjukkan siswa terhadap stimulus yang diberikan guru yang ditunjukkan dengan siswa yang penasaran dan selalu bertanya tentang pelajaran yang belum dipahami. Ulet dalam menghadapi kesulitan siswa tidak mudah putus asa dan berusaha belajar untuk mendapatkan nilai yang memuaskan.

Abstract

Background of this research is the covid-19 pandemic that make face to face or direct learning can't be implemented anymore. Islamic Culture History and other learning that implemented right now become new thing which felt by teachers or student at MTs Sabilal Muhtadin. That learning usually at school directly explained by the teacher while now students learn it in their house through online. Learning motivation of Islamic Culture History reputed as importance factor for students' learning success. Because of that, the researcher want to know more about Seven Graders' learning motivation at MTs Sabilal Muhtadin when learn Islamic Culture History.

The research problem is "How is Seventh Graders' learning motivation on Islamic Culture History subject at MTs Sabilal Muhtadin when Covid-19 Pandemic? The Purpose of this research is to describe students' learning motivation when learn Islamic Culture History at MTs Sabilal Muhtadin Jaya Karet.

This research used qualitative approach and descriptive with seventh graders as correspondents and teacher of Islamic Culture History as Informant. Data collection technique used observation, interview and documentation. Data validity technique USED triangulation. Data analysis technique covered data collection, data display and drawing conclusion.

The result showed that seventh graders at Sabilal Muhtadin had learning motivation: students that had desire success in learning shown diligence and will and repeated the learning before that taught by teacher. Students had interesting and attention toward learning shown interesting in that learning and always watch when teacher explained. The enthusiastic students did the homework showed readiness in did the homework which given by teacher. Students always got appreciation in learning like extra score and compliment that raised students' learning enthusiasm. Good reaction showed by students toward stimuli that given by teacher which showed by students that always curious and asked question about the learning which they didn't understand. Persevering when faced students, not desperate and try to learn to got satisfaction score.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Siswa;Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 30 Mar 2021 07:50
Last Modified: 30 Mar 2021 07:50
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2817

Actions (login required)

View Item View Item