Pembelajaran sejarah kebudayaan islam menggunakan model E-Learning pada masa COVID-19 materi dakwah nabi Muhammad SAW kelas IV MIN 1 Kotawaringin Timur

Awiyah, Nurul (2020) Pembelajaran sejarah kebudayaan islam menggunakan model E-Learning pada masa COVID-19 materi dakwah nabi Muhammad SAW kelas IV MIN 1 Kotawaringin Timur. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Nurul Awiyah - 1601170059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pandemi Covid-19 yang menghambat pelaksanaan proses pembelajaran. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan salah satu bagian dari pembelajaran yang ada di Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan dari pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam diantaranya adalah agar peserta didik mampu meneladani sikap tokoh-tokoh Islam, sehingga peserta didik memiliki akhlak yang mulia. Sesuai keputusan empat Menteri bahwa satuan pendidikan yang berada pada kawasan zona, Kuning, Oranye dan Merah tidak dapat melaksanakan pembelajaran di sekolah. MIN 1 Kotawaringin Timur berada pada kawasan zona Merah sehingga MIN 1 Kotawaringin Timur tidak melaksanakan pembelajaran di sekolah melainkan dari rumah secara online.

Beranjak dari latar belakang tersebut, penulis melakukan penelitian dengan tujuan yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan model e-learning pada masa Covid-19 materi Dakwah Nabi Muhammad SAW kelas IV MIN 1 Kotawaringin Timur. (2) Mendeskripsikan kendala pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan model e-learning materi Dakwah Nabi Muhammad SAW kelas IV MIN 1 Kotawaringin Timur.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah guru Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV dan siswa Kelas IV MIN 1 Kotawaringin Timur sebagai informan. Objek penelitian adalah pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan model e-learning pada masa Covid-19 materi Dakwah Nabi Muhammad SAW. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), untuk silabus guru menggunakan yang telah tersedia dari kurikulum. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran adalah explain via e-learning. Penilaian melalui Computer Based Tes ( CBT). Untuk materi Dakwah Nabi Muhammad SAW, siswa sudah paham dan tidak ada kesulitan. Tujuan pembelajaran yang dapat dicapai hanya pada aspek pengetahuan. (2) Kendala yang dihadapi adalah siswa tidak paham cara menggunakan aplikasi e-learning, serta tidak semua siswa mempunyai komputer atau handphone.

Abstract

This research background is on the covid-19 pandemic that obstruct the implementation of learning process. Islamic Cultural History is one part of the learning that exists in Madrasah Ibtidaiyah. The purpose of Islamic Cultural History learning is to allow students to be able to exemplize the attitudes of Islamic figures, so that students have a noble morality. According to the decree of the four Ministers that the education unit located in the zone area, Yellow, Orange and Red area cannot implement learning in their school. MIN 1 Kotawaringin Timur is in the Red zone area so it can be implemented learning at school but should learning from home.

The research objectives are : (1) To describe the implementation of Islamic Cultural History using the e-learning model during covid-19 Prophet Muhammad SAW Dakwah material fourth grade MIN 1 Kotawaringin Timur. (2) Describing the learning problems of Islamic Cultural History using the e-learning model of Dawah Nabi Muhammad SAW grade IV MIN 1 East Kotawaringin.

This research used qualitative method, with a descriptive approach. The correspondent was fourth grade teacher of Islamic Cultural History and fourth graders of MIN 1 Kotawaringin Timur as informants. The research object was the learning of Islamic Cultural History on covid-19 period on Prophet Muhammad SAW dakwah material. Data collection technique used interview and documentation, and data analysis techniques through data collection, data reduction, data display and drawing conclusion.

The results showed that: (1) The teacher created lesson plan (RPP), and used syllabus that available from the curriculum. The teacher in learning used explain via e-learning method. Assessment through Computer Based Test (CBT). For Prophet Muhammad SAW dakwah material, students already understood and there were no difficulties. The learning objective can be achieved only on the knowledge aspect. (2) The problem faced was the students did not understand how to use e-learning application, and not all students had computers or mobile phones.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran;E-Learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 19 Feb 2021 15:39
Last Modified: 19 Feb 2021 15:40
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2775

Actions (login required)

View Item View Item