Zulaiha, Lili (2020) Pemberian makanan tambahan (pmt) pada anak kelompok A1 di Paud Al-Qonita Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Lili Zulaiha - 1601180018.pdf Download (984kB) |
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini selain memberikan layanan pendidikan juga berupa layanan kesehatan gizi anak usia dini yang dilaksanakan melalui pemberian asupan gizi yang seimbang untuk membantu pertumbuhan dan menunjang perkembangan jasmani dan rohani, serta juga membantu mengembangkan potensi kecerdasan spritual, intelektual, emosional, dan sosial anak usia dini melalui Pemberian Makanan Tambahan (PMT). PMT bagi anak di sekolah bertujuan untuk mencukupi kebutuhan gizi dalam pemberian makanan tambahan, hal tersebut salah satu cara untuk menghindari jajanan yang belum tentu terjaga kebersihan dan kesehatannya.
Tujuan penelitian di PAUD Al-Qonita : 1) Ingin Mengetahui Kandungan Gizi (Makro Dan Mikro) Pada Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Pada Anak Kelompok A1 di PAUD Al-Qonita. 2) Ingin Mengetahui Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Pada Anak Kelompok A1 di PAUD Al-Qonita. 3) Ingin Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Pada Anak Kelompok A1 di PAUD Al-Qonita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas kelompok A1 dan kepala sekolah sebagai informan pada penelitian ini, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kandungan Gizi Makro dan Mikro Pada Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Pada Anak Kelompok A1 di PAUD Al-Qonita Palangka Raya cukup terpenuhi untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, namun kandungan gizi makro yang lebih dominan. (2) Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Pada Anak Kelompok A1 di PAUD Al-Qonita Palangka Raya dilaksanakan setiap hari dengan menu yang berbeda-beda, sehingga sangat membantu orang tua dalam memenuhi asupan kebutuhan zat gizi anak di rumah dan program ini sangat bagus. (3) Faktor Pendukung dalam Pemberian Makanan Tambahan (PMT) ini adanya dukungan dari orang tua, anak, guru serta yayasan. Sedangkan faktor penghambat dalam Pemberian Makanan Tambahan (PMT) ini adalah selera makan anak berbeda-beda dan kurangnya pemahaman pihak penyedia makanan tambahan (PMT) tentang makanan sehat dan bergizi.
Abstract
Early Childhood Education, apart from providing educational services it was also in the form of early childhood nutrition health services which were carried out through the provision of balanced nutritional intake to help growth and support physical and spiritual development, as well as to help develop the potential for spiritual, intellectual, emotional, and social intelligence of children. early through the provision of supplementary food (PMT). PMT for children in schools aims to meet nutritional needs in providing additional food, this is one way to avoid snacks that were not necessarily kept clean and healthy.
The research objectives at PAUD Al-Qonita: 1) Want to know the nutritional content (macro and micro) in Supplementary Food Giving (PMT) to group A1 children in PAUD Al -Qonita. 2) Want to know about Supplementary Feeding (PMT) for group A1 children at PAUD Al-Qonita. 3) Want to know the supporting and inhibiting factors of supplementary feeding (PMT) in group A1 children at PAUD Al-Qonita. The method used in this research is descriptive qualitative. The subjects in this study were 1 A1 group class teacher and the principal as an informant in this study, with data collection techniques through interviews and documentation.
The result showed that: (1) Macro and Micro Nutrient Content in Supplementary Feeding (PMT) ini Children Group A1 ini PAUD Al-Qonita Palangka Raya is sufficiently fulfilled to meet the nutritional needs of children, but the macro nutrient content is more dominant. (2) Additional Feeding (PMT) in Group A1 Children in PAUD Al-Qonita Palangka Raya is carried out daily with different menus, so it is very helpful for parents in meeting the intake of nutritional needs of children at home and this program is very good. (3) Supporting Factors in Additional Feeding (PMT) are support from parents, children, teachers and foundations. While the inhibitory factor in Additional Feeding (PMT) is the appetite of children varies and the lack of understanding of additional food providers (PMT) about healthy and nutritious foods.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidian anak usia dini |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 02 Feb 2021 01:23 |
Last Modified: | 02 Feb 2021 01:23 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2739 |
Actions (login required)
View Item |