Perbedaan hasil belajar mata pelajaran pai melalui media interaktif dengan whatsapp di SMKN-2 Palangka Raya

Hayati, Dewi Noer (2020) Perbedaan hasil belajar mata pelajaran pai melalui media interaktif dengan whatsapp di SMKN-2 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Dewi Noer Hayati-1601112134.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari hasil wawancara yang peneliti temukan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN-2 Palangka Raya dimana ditemukan masalah yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini karena pembelajaran yang diberikan belum mampu membangkitkan motivasi siswa untuk belajar. Karena guru masih menggunakan metode pembelajaran yang bersifat searah sehingga siswa kurang aktif dalam belajar, oleh karena itu penulis menggunakan media Interaktif dan media WhatsApp di dalam pembelajaran untuk melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas XI di SMKN-2 Palangka Raya.

Rumusan masalah pada penelitian ini; (1) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan media Interaktif pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMKN-2 Palangka Raya? (2) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan media WhatsApp pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMKN-2 Palangka Raya? (3) Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Interaktif dan media WhatsApp pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMKN-2 Palangka Raya? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan media Interaktif pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMKN-2 Palangka Raya, bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan media WhatsApp pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMKN-2 Palangka Raya, Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Interaktif dan media WhatsApp pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMKN-2 Palangka Raya. Metode yang digunakan adalah penelitian komparasi dengan menggunakan teknik statistik inferensial dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan dokumentasi. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI di SMKN-2 Palangka Raya yang beragama Islam, sampel yaitu kelas XI OTKP-2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 23 siswa dan kelass XI BDP-3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Hasil belajar siswa kelas eksperimen setelah diberi pembelajaran dengan menggunakan media Interaktif memperoleh nilai rata-rata 84,5 kategori “baik”. (2) Hasil belajar siswa pada kelas kontrol setelah diberi pembelajaran dengan menggunakan media WhatsApp memperoleh nilai rata-rata kelas 80,1 kategori “cukup”. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara menggunakan media Interaktif dengan menggunakan media WhatsApp pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMKN-2 Palangka Raya. Hal ini ditunjukkan dari hasil output hasil t-test uji t sampel independen diperoleh nilai signifikansi 0,003 < 0,05 sehingga Ha diterima.

Abstract
This study departed from the results of interviews that researchers found in Islamic Religious Education learning at SMKN-2 Palangka Raya where a problem was found, namely the low student learning outcomes in the Islamic Religious Education subject. This is because the learning given has not been able to arouse student motivation to learn. Because the teacher still uses unidirectional learning methods so that students are less active in learning, therefore the author uses Interactive media and WhatsApp media in learning to see if there are differences in learning outcomes of class XI students at SMKN-2 Palangka Raya

Formulation of the problem in this study; (1) How are the student learning outcomes using interactive media in the XI grade Islamic Education subject at SMKN-2 Palangka Raya? (2) What are the student learning outcomes using WhatsApp media in the XI grade Islamic Education subject at SMKN-2 Palangka Raya? (3) Are there differences in student learning outcomes using interactive media and WhatsApp media in class XI Islamic Education subjects at SMKN-2 Palangka Raya? This study aims to find out how student learning outcomes using interactive media in PAI class XI subjects at SMKN-2 Palangka Raya, how are student learning outcomes using WhatsApp media on PAI class XI subjects at SMKN-2 Palangka Raya, is there a difference student learning outcomes using interactive media and WhatsApp media in the XI grade Islamic Education subject at SMKN-2 Palangka Raya. The method used is comparative research using inferential statistical techniques with a quantitative approach. The data collection techniques used were test learning outcomes and documentation. The population used was all students of class XI at SMKN-2 Palangka Raya who are Muslim, the sample was class XI OTKP-2 as an experimental class with 23 students and class XI BDP-3 as a control class with 24 students.

The results showed that; (1) The learning outcomes of the experimental class students after being given learning using interactive media obtained an average score of 84,5 very good categories. (2) Student learning outcomes in the control class after being given learning using WhatsApp media obtained an average class score of 80,1 in good categories. (3) There is a significant difference in learning outcomes between using interactive media and using WhatsApp media in class XI Islamic education subjects at SMKN-2 Palangka Raya. This is shown from the results of the t-test results of the independent sample t test obtained a significance value of 0.003 <0.05 so that Ha is accepted.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Media Interaktif
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 28 Jan 2021 07:38
Last Modified: 28 May 2021 08:10
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2731

Actions (login required)

View Item View Item