Sadikin, Sadikin (2019) Studi pembelajaran bahasa arab komunikatif di SMA pondok pesantren darul hijrah putri batung cindai alus Martapura. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Sadikin I - 16016043.pdf Download (1MB) |
|
Text
Sadikin II- 16016043.pdf Download (1MB) |
|
Text
Sadikin III- 16016043.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pondok Pesantren SMA Darul Hijrah Putri Batung Cindai Alus Martapura adalah salah satu pondok yang sangat memperhatikan agar para santriwatinya terampil dan cakap berbahasa Arab selain bahasa Inggris. Dua bahasa tersebut sudah merupakan bahasa pengantar dalam berkomunikasi para santriwati sehari-hari selama mereka berada di lingkungan pondok. Aspek bahasa menjadi salah satu pilihan orang tua santriwati memasukkan anaknya ke pondok ini. Aktif berbahasa dijadikan sebagai penguatan dasar bagi anak untuk mengembangkan pengetahuan lebih luas dan hal ini diharapkan menjadi basic kompetensi santriwati pada masa masa berikutnya. Kehadiran sistem bahasa dan ketatnya disiplin dan peraturan berbahasa memaksa santriwati untuk kreatif dan berani menyampaikan dan berbicara dengan bahasa yang diwajibkan sehingga kedua bahasa ini khususnya bahasa Arab sudah menjadi bahasa komunikatif di lingkungan pondok. Hal ini yang menjadi fenomena menarik untuk diteliti.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran bahasa Arab komunikatif di SMA Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri Batung Cindai Alus Martapura dan mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajarannya serta mengetahui output pembelajaran itu dapat diimplementasikan oleh para santriwati sebagai alat komunikasi dalam mengembangkan kompetensi komunikatif mereka.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Secara lebih spesifik penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang utama adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini dari kepala sekolah, guru mata pelajaran bahasa Arab/ dirāsah islāmiyah serta empat orang santriwati dari kelas yang berbeda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan komunikatif (pendekatan yang memfokuskan pada kemampuan komunikasi aktif dan praktis) baik formal maupun informal di SMA Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri dapat berjalan dengan baik. Faktor yang menunjang pembelajarannya yaitu kemampuan guru, minat dan aktivitas santriwati, sarana dan fasilitas belajar, lingkungan, dan berbagai upaya pondok untuk optimalisasi pembelajarannya . Dalam pembelajaran bahasa Arab dan dirāsah islāmiyah (mata pelajaran kepondokan) di kelas (formal), guru memakai metode langsung. Adapun pembelajaran di luar kelas (informal) berupa kegiatan-kegiatan belajar bahasa Arab yang wajib diikuti oleh semua santriwati atau kegiatan kebahasaaraban yang ingin diikuti termasuk dalam kewajiban menggunakan bahasa Arab itu dalam berkomunikasi sehari-hari selama mereka berada di lingkungan pondok.
ABSTRACT
Islamic Boarding School SMA Darul Hijrah Putri Batung Cindai Alus Martapura is one of boarding schools concerning skill and competency of the students in Arabic besides English. The two languages are the language medium in the students’ daily communication when they are in the boarding school. Language is one of the parents’ choices to enroll their children at the boarding school. Having active language becomes the basic strength for the students to develop wider knowledge and it is expected to be the students’ basic competency in the future. The existence of language system and the strict discipline and rules in implementing language force the students to be creative and brave to speak in the compulsory language so that the two languages, specifically Arabic, become the communicative languages in the boarding school. This is an interesting phenomenon to be researched.
The purposes of the research are to describe the communicative Arabic learning at Islamic Boarding School SMA Darul Hijrah Putri Batung Cindai Alus Martapura and to know the factors affecting learning as well as to know the learning output; the students are able to implement the language as tool of communication in developing their communicative competency.
The approach of the research is qualitative approach. Specifically, this qualitative approach used qualitative description method. The techniques of collecting main data are observation, interview and documentation. The sources of data are the principal, the teacher of Arabic/dirāsah islāmiyah, and four students from different class.
The result of the research shows that learning Arabic using communicative approach (An approach focuses on the active and practical communication ability) both formally and informally at Islamic Boarding School SMA Darul Hijrah Putri runs well. The factors supporting the learning are the teacher’s competency, the students’ interest and activity, the learning facilities, environment, and various efforts of the boarding school to optimize the learning. When learning Arabic and dirāsah islāmiyah (a subject in the Islamic boarding school) in the class (formal), the teacher uses the direct method. While informal learning, there are learning Arabic obligatory activities that must be attended by all students or Arabic program which the students choose, including the obligation of speaking Arabic in the daily communication as they are in the boarding school.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab; Pembelajaran; Komunikatif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 08:04 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 08:52 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2549 |
Actions (login required)
View Item |