Sari, Widya Silpiana (2019) Pengaruh promosi dengan uang muka (down payment) murah terhadap permintaan kredit mobil di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Widya Silpiana Sari- 1504120406.pdf Download (3MB) |
Abstract
Transportasi adalah sarana yang sangat penting dalam memperlancar roda perekonomian, hal ini dikarenakan transportasi merupakan salah satu sarana utama bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari untuk bergerak dan berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya dengan cepat. Seiring dengan berjalannya waktu yang semakin maju, dalam kondisi saat ini dari semua alat transportasi terutama mobil menjadi favorit masyarakat di zaman saat ini. Pilihan masyarakat ini tentu menjadi sebuah peluang besar bagi pelaku bisnis otomatif untuk terus menjadi menggenjot penjualannya dengan penerapan strategi pemasaran atau promosi yang tepat. Promosi dengan uang muka berpengaruh terhadap adanya permintaan secara kredit. Penelitian ini akan difokuskan pada pengaruh promosi uang muka murah terhadap permintaan mobil di Kota Palangka Raya bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya promosi dengan permintaan kredit.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data penulis menggunakan angket dan dokumentasi. Dari hasil uji coba instrument yang dilakukan pada 20 responden dengan jumlah 15 item pernyataan dinyatakan 14 valid dan 1 pernyataan tidak valid, pernyataan yang valid dapat digunakan untuk mengumpulkan data pada sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT. Adira yang melakukan transaksi pembelian mobil secara kredit, sedangkan sampel penelitian berjumlah 64 responden nasabah PT. Adira Finance Kota Palangka Raya dan dari jumlah responden tersebut diberikan angket untuk di jawab. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi Pearson product moment menggunakan SPSS 24.0 dan teknik analisis Regresi Linier Sederhana.
Hasil penelitian teknik korelasi Pearson product moment (r) menunjukkan bahwa korelasi antara promosi dengan uang muka murah dengan permintaan kredit mobil sebesar 0,580. Berdasarkan interprestasi koefisien korelasi r, maka 0,580 termasuk tingkat hubungan “sedang”. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang sedang antara promosi dengan uang muka murah terhadap permintaan kredit mobil. Hasil penelitian ini juga bahwa nilai R Square sebesar 0,336 yang dapat diartikan bahwa variabel promosi dengan uang muka murah mempunyai pengaruh terhadap permintaan kredit mobil sebesar 33,6% sedangkan 66,4 % lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Selain itu, signifikansi antara variabel X dan variabel Y adalah sebesar 0,000. Berdasarkan kaidah keputusan dari hipotesis, nilai probabilitas 0, 05 lebih besar atau sama dengan nilai probabilitas Sig. atau (0,05 ≥ 0,000), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya signifikan. Dan model yang terbentuk Y = 13,447 + 0,773 X.
ABSTRACT
Transportation is the very important means to accelerate the wheels of the economy, this is because transportation is one of the primary means for humans in everyday life to move and more from one place to another quickly. As time goes by the more advanced, in the current conditions of all the means of transport, especially the car became a favorite of the public in the current era. People choice is sure to be a great opportunity for businesses to automative to continue to be a boost of sales with the implementation of the strategy of marketing or promotion. Promotion with an advance effect on the Deman for credit.
This research is quantitative research. Data collection method the authors use questionnaire and documentation. From the test results the instrument was done on 20 respondents to the number of 15 items declared 14 valid statement and one statement is not valid, a valid statement can be used to collect the data in the study sample. The population in this study are customers of PT. Adira who purchases a car on credit, while the sample amounted to 64 Respondents customers of PT. Adira Dinamika Multi Finance city of Palangkaraya and of the respondents were given a questionnaire to be answered. Data analysis technique used is the technique of Pearson product moment correlation analysis using SPSS 24.0 and Simple Linear Regression analysis techniques.
Results of research techniques Pearson product moment correlation (r) shows that the correlation between promotion with cash advance cheap against the credit car of 0.580. Based on the interpretation of the correlation coefficient r, then 0.580 including the level of relations "moderate". This shows that there is a relationship being between the sale through payment cost of the motor vehicle credit demand. The results of these empirically also that the value of R Square of 0.336 which means that the variable sale through payment cost has an effect on demand for motor vehicle loans amounted to 33.6%, while 66.4% are influenced by other factors. Moreover, the significance between the variables X and Y is 0.000. Based on the decision rules of the hypothesis, probability value of 0, 05 is greater than or equal to the probability value Sig. Or (0.05 ≥ 0.000), then Ho is rejected and Ha accepted, meaning significantly. And models created Y = 13.447 + 0.773 X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promosi; Uang Muka;Permintaan Kredit |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 03 Jun 2020 03:21 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 03:21 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2357 |
Actions (login required)
View Item |