Penerapan Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester I Mts Muslimat NU Palangka Raya Tahun Ajaran 2014/2015

Mulyati, Mulyati (2014) Penerapan Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester I Mts Muslimat NU Palangka Raya Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (MY).pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan (MY).pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Kajian (MY).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Kajian (MY).pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Hasil (MY).pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Penutup (MY).pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi bukan sekedar proses untuk mengetahui ilmu kehidupan saja, akan tetapi untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal yang paling signifikan adalah bagaimana ilmu kehidupan untuk kemajuan sains dan teknologi tersebut mampu berperan sebagai kekuatan dalam rangka ma’rifatullah.Diharapkan ma’rifatullahitu mampu menciptakan manusia yang sempurna (insan kamil) sebagai khalifah bumi. Integrasi nilai-nilai keislaman adalah hal yang wajib ditanamkan sedini mungkin. Penanaman nilai-nilai keislaman di MTs Muslimat NU Palangka Raya hanya sebatas dilaksanakan dan tanpa terkonsep jelas dalam rencana pembelajaran dan pencapaian hasil belajar siswa yang hanya mencapai nilai rata-rata siswa tahun ajaran 2013/2014 yaitu 69, oleh sebab itu peneliti berusaha memaksimalkan pelaksanaan integrasi nilai-nilai keislaman di MTs Muslimat NU Palangka Raya dengan tujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa materi sistem pencernaan pada manusia di kelas VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dalam pengumpulan datanya.Instrumen yang digunakan adalahlembar observasi pengamatan aktivitas siswadan tes hasil belajar (THB) kognitif siswa dengan instrumen tes berjumlah 30 butir soal.Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII BMTs Muslimat NU Palangka Raya yang berjumlah 40 siswa. Data tes hasil belajar dianalis dengan menggunakan microsoft exel.
Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini yaitu untuk aktivitas siswa terjadi peningkatan dari siklus I dengan total sekor 1252 dan persentase 60.192% meningkat menjadi 2045 untuk total sekor dan untuk persentasenya menjadi 98.317% pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 52.5% siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 87.5% siswa yang tuntas pada siklus II, dengan nilai rata-rata pada siklus I 72.5 dan 81.11 pada siklus II.Dengan demikian konsep sistem pencernaan pada manusia dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman selain pembelajaran akan berlangsung lebih menarik dan bermakna pembelajaran juga akan berlangsung lebih islami dan sesuai dengan tujuan pendidikan islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 27 Sep 2016 03:52
Last Modified: 27 Sep 2016 03:52
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item