Azizaturredha, Mitha (2019) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media laboratorium virtual (PhET) terhadap hasil belajar, keterampilan proses sains, dan minat belajar siswa pada pokok bahasan elastisitas. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Mitha Azizaturredh-1401130321.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) terdapat atau tidaknya pengaruh model inkuiri terbimbing dengan media laboratorium virtual (PhET) pada pokok bahasan elastisitas terhadap hasil belajar siswa (2) terdapat atau tidaknya pengaruh model inkuiri terbimbing dengan media laboratorium virtual (PhET) pada pokok bahasan elastisitas terhadap keterampilan proses sains siswa (3) keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media laboratorium virtual (PhET) pada pokok bahasan elastisitas (4) terdapat atau tidaknya pengaruh model inkuiri terbimbing dengan media laboratorium virtual (PhET) pada pokok bahasan elastisitas terhadap minat belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimen. Desain penelitian menggunakan one-group pretest-posttest design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas XI-MIPA 2. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Kota Palangka Raya pada bulan November 2018. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa, lembar pengamatan keterampilan proses sains siswa, angket minat belajar siswa.
Hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model inkuiri terbimbing dengan media laboratorium virtual (PhET) pada pokok bahasan elastisitas terhadap hasil belajar siswa pada signifikansi 0,05 (sig. pada dua ekor adalah 0,000 < 0,05) ; (2) terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model inkuiri terbimbing dengan media laboratorium virtual (PhET) pada pokok bahasan elastisitas terhadap keterampilan proses sains siswa pada signifikansi 0,05 (sig. pada dua ekor adalah 0,000 < 0,05) ; (3) keterampilan proses sains siswa dengan nilai rata-rata pretest sebesar 37,14, nilai rata-rata posttest sebesar 64,04, nilai rata-rata gain sebesar 26,89, dan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,42 yaitu kategori sedang ; (4), terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model inkuiri terbimbing dengan media laboratorium virtual (PhET) pada pokok bahasan elastisitas terhadap minat belajar siswa pada signifikansi 0,05 (sig. pada dua ekor adalah 0,000 < 0,05).
ABSTRACT
This study aims to determine (1) whether or not the influence of guided inquiry models with virtual laboratory media (PhET) on the subject matter of elasticity of student learning outcomes (2) whether or not the influence of guided inquiry models with virtual laboratory media (PhET) on the subject elasticity of science process skills students (3) science process skills students use guided inquiry learning models with virtual laboratory media (PhET) on the subject of elasticity (4) whether or not the influence of guided inquiry models with virtual laboratory media (PhET) on the subject of elasticity towards student learning interest.
This study uses a quantitative approach with a type of pre-experimental research. The study design used one-group pretest-posttest design with sampling using purposive sampling technique, the sample selected was class XI-MIPA 2. This study was conducted in MAN Kota Palangka Raya in November 2018. The instruments used were tests of cognitive learning outcomes and students' science process skills, student's science process skills observation sheet, student's interest in learning questionnaire.
The results were obtained: (1) there is a significant effect using guided inquiry models with virtual laboratory media (PhET) on the subject matter of elasticity of student learning outcomes a significance of 0.05 (sig. On two tails was 0,000 <0.05) ; (2) there is a significant effect using guided inquiry models with virtual laboratory media (PhET) on the subject of elasticity to science process skills students at a significance of 0.05 (sig. On two tails is 0,000 <0.05) ; (3) science process skills of students with pretest average value of 37.14, posttest average value of 64.04, gain average value of 26.89, and N-gain average value of 0.42 which is moderate category ; (4), there is a significant effect using a guided inquiry model with virtual laboratory media (PhET) on the subject of elasticity to interest student learning at a significance of 0.05 (sig. on two tails is 0,000 <0.05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Inkuiri;Minat Belajar; Sains;PhET |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 27 Apr 2020 03:11 |
Last Modified: | 27 Apr 2020 03:11 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2228 |
Actions (login required)
View Item |