Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) Pada Materi Memahami Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Manusia dan Tugasnya Sebagai Khalifah di Bumi Kelas X Di SMKN-1 Palangka Raya

Fitriani, Fitriani (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) Pada Materi Memahami Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Manusia dan Tugasnya Sebagai Khalifah di Bumi Kelas X Di SMKN-1 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Sampul Fitriani.pdf

Download (164kB)

Abstract

CIRC adalah suatu model pembelajaran yang merupakan bagian dari model cooperative learning yang bertujuan untuk meningkatkan daya paham dan daya ingat siswa tentang materi yang mereka baca dengan cara memadukan membaca
dan menulis.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada materi memahami ayatayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi kelas X di
SMKN-1 Palangka Raya?; 2) Bagaimana tanggapan guru dan siswa mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada materi memahami ayatayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi kelas X di
SMKN-1 Palangka Raya?; 3) Bagaimana hasil belajar siswa pada materi memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi kelas X di SMKN-1 Palangka Raya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC?. Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. 2) Untuk mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. 3) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi memahami ayat-ayat AlQur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi kelas X di SMKN1 Palangka Raya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru Pendidikan Agama Islam. Sedangkan sebagai informannya adalah 6 orang siswa
dari kelas X RPL 2 dan TKR. Objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada pelajaran PAI pokok bahasan mengenai memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah
di bumi QS. Al-Mu’minun ayat 12-14 dan QS. Az-Zariyat ayat 56 kelas X di SMKN- 1 Palangka Raya. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian: a) Meliputi RPP dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada materi memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah b) Tanggapan guru dan siswa mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC ialah dengan menggunakan model pembelajaran tersebut ternyata tidak hanya membuat siswa menjadi lebih paham mengenai materi tersebut akan tetapi mereka lebih aktif dan senang belajar di dalam kelas. c) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC ialah lebih baik dan sangat membantu dalam proses pembelajaran, dilihat dari aspek psikomotor, kognitif dan afektifnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 01 Apr 2020 02:39
Last Modified: 01 Apr 2020 02:39
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item View Item