Alyani, Noshratina (2019) Pengaruh kemasan (packaging) terhadap minat beli konsumen tahun 2017-2018 home industry cutecake Jl. Nyai Enat Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Noshratina-1504120448.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kemasan berfungsi sebagai sarana promosi karena kemasan yang dapat melindungi dan memudahkan dalam penggunaan produk maka ia menambah nilai jual dan promosi produk itu. Kemasan mampu menambah nilai bagi konsumen jika sesuai dengan fungsi kemasan itu sendiri, seperti sebagai tempat yang sesuai dengan daya muat suatu produk dan juga menjadi identitas pembeda dengan produk lain, sehingga konsumen yakin untuk membeli. Jadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemasan (packaging) terhadap minat beli konsumen tahun 2017-2018 Home Industry CuteCake Jl. Nyai Enat Palangka Raya.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Metode pengumpulan data penulis menggunakan angket dan dokumentasi. Dari hasil uji coba instrument yang dilakukan pada 85 responden dengan jumlah 18 item pernyataan dinyatakan semua valid dan dapat digunakan untuk mengumpulkan data pada sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen CuteCake di Palangka Raya, sedangkan sampel penelitian berjumlah 85 responden konsumen, dan dari jumlah responden tersebut diberikan angket melalui media online yaitu Google Form. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi pearson product moment dan teknik analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan program SPSS 16.0.
Hasil penelitian teknik korelasi pearson product moment (r) menunjukan bahwa korelasi antara kemasan dengan minat beli konsumen sebesar 0,692. Berdasarkan interprestasi koefisien korelasi nilai r, maka 0,692 termasuk tingkat hubungan “kuat”. Hal ini menunjukan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara kemasan dengan minat beli konsumen. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa nilai R Square sebesar 0,479 yang dapat diartikan bahwa variabel kemasan mempunyai pengaruh terhadap minat beli konsumen sebesar 47,9% sedangkan 52,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Artinya bahwa variabel kemasan berpengaruh (memberikan dampak negatif) terhadap variabel minat beli konsumen, yang berarti semakin rendah kualitas kemasan akan semakin rendah minat konsumen dalam membeli suatu produk. Selain itu, signifikansi antara variabel kemasan (X) dan variabel minat beli konsumen (Y) adalah sebesar 0,000. Berdasarkan kaidah keputusan dari hipotesis, nilai probabilitas 0,05 lebih besar atau sama dengan nilai probabilitas Sig. Atau ( 0,05 ≥ 0,000 ), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya signifikan.
ABSTRACT
The packaging can be function as a promotion tool because the packaging that can protect the product and makes the use of the product easier it will adds the sale value and the promotion of the product. Packaging can add value to consumers if it is in accordance with the function of the packaging itself, such as a place that fit with the capacity of a product and also becomes a distinguishing identity to other products, so consumers are sure to buy. So the purpose of this study is to determine the effect of packaging on CuteCake Palangka Raya’s consumer buying interest.
This research is a quantitative descriptive research and ex post facto as the type of research. The researcher used questionnaires and documentation as the data collection method. The results of instrument trial that conducted on 85 respondents with a total of 18 statement items, it is stated that all of instrument are valid and can be use to collect data on the research sample. The population in this research are CuteCake’s consumers in Palangka Raya, while the research sample total of 85 consumer respondents, and respondents were given a questionnaire to be answered Through an online media which is Google Form. Meanwhile the data analysis procedure used the Pearson product moment correlation using dSPSS 16.0 and the data analysis technique used simple linear regression.
The results of Pearson product moment (r) correlation technique shows that the correlation between packaging and consumer buying interest is 0.692. Based on the interpretation of the correlation coefficient r, then 0.692, is at the level of "strong" relationship. This shows that there is a strong relationship between packaging and consumer buying interest. The results also showed that the R Square value of 0.479 can be interpreted that the packaging variable has an influence on consumer buying interest by 47.9% while the other 52.1% is influenced by other factors. Which means packaging variable is influential (Give a negative effect) to consumer’ buying interest variable, the lower quality of the packaging the lower consumer’ buying interest in buying a product. In addition, the significance between the packaging variable (X) and the consumer buying interest variable (Y) is 0,000. Based on the hypothesis, the probability value of 0.05 is greater or equal to the probability of Sig. Or (0.05 ≥ 0,000), then Ho is rejected and Ha is accepted, which mean significant.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Beli; Konsumen |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 02:36 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 02:36 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1892 |
Actions (login required)
View Item |