Budi, Jayanti Avika Stayana (2019) Strategipemasaran deposito berhadiah dalam meningkatkan jumlah nasabah pada BPRS Mitra Amanah Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Jayanti Avika Stayana Budi - 1504110008.pdf Download (2MB) |
Abstract
Deposito Berhadiah merupakan salah satu produk penghimpunan dana di BPRS Mitra Amanah Palangka Raya yang menggunakan 2 akad didalamnya yaitu mudharabah dan murabahah. Sejak awal diterbitkan pada tahun 2017 hingga saat ini nasabah Deposito Berhadiah masih mencapai jumlah yang cukup rendah. Banyak berdirinya bank umum dan lembaga keuangan di Palangka Raya ini tentunya membuat semakin panasnya persaingan antar bank dan lembaga keuangan. Dengan strategi pemasaran yang tepat maka perusahaan akan dapat menarik banyak nasabah, memaksimalkan laba dan mampu bersaing dengan lembaga keuangan lain di kota Palangka Raya. Rumusan masalah dari penelitian ini ialah : 1) Bagaimana Strategi Pemasaran produk Deposito Berhadiah pada BPRS Mitra Amanah kota Palangka Raya, 2) Apa saja kendala dalam memasarkan produk Deposito Berhadiah pada BPRS Mitra Amanah Kota Palangka Raya, 3) Bagaimana peningkatan jumlah nasabah pada BPRS Mitra Amanah kota Palangka Raya.
Adapun penelitian ini dilakukan di BPRS Mitra Amanah Kota Palangka Raya dengan subjek penelitiannya adalah Direktur Utama, Manajer marketing dan karyawan marketing BPRS Mitra Amanah, sedangkan objeknya adalah strategi pemasaran deposito berhadiah di BPRS Mitra Amanah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan jenisnya adalah field research atau penelitian lapangan, yaitu menggambarkan dan menguraikan data-data yang telah dikumpulkan, metode pengumpulan datanya adalah melakukan observasi langsung ke BPRS Mitra Amanah, kemudian penulis mengumpulkan data sebanyak-banyaknya tentang strategi pemasaran dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh BPRS Mitra Amanah adalah menggunakan 2 konsep yaitu pengelompokkan pasar (Segmenting) dan bauran pemasaran (marketing mix). Kendala yang dihadapi ada 5 yaitu Persaingan, pemahaman masyarakat, minimnya dana promosi, kurangnya SDM dan kurangnya memanfaatkan teknologi, selain itu juga konsep strategi pemasaran yang dilakukan kurang maksimal yaitu kurang melakukan penentuan pasar sasaran (Targeting) dan memposisikan produk dalam benak konsumen (Positioning). Karena kurang maksimalnya strategi yang digunakan dan adanya kendala-kendala yang dihadapi, membuat peningkatan jumlah nasabah deposito berhadiah pada BPRS Mitra Amanah setiap tahunnya mengalami peningkatan dan penurunan.
ABSTRACT
Gift Deposits is one of the fundraising products in the BPRS Mitra Amanah Palangka Raya that uses 2 contracts therein namely mudharabah and murabahah. Since the launching of 2017 until now, gift Deposit customers are still quite low. the establishment of many banks and financial institutions in Palangka Raya certainly creates heated competition between banks and financial institutions. the right marketing strategy then the company will be able to attract many customers, maximize profits and be able to compete with other financial institutions in the city of Palangka Raya. The formulation of the problem from this research is 1) how to Marketing Strategy gift deposits in BPRS Mitra Amanah in Palangka Raya city 2) What are the obstacles in marketing gift Deposits products in BPRS Mitra Amanah in Palangka Raya city, 3) How to increase the number of customers in BPRS Mitra Amanah in Palangka Raya city.
The research location is at the BPRS Mitra Amanah in Palangkaraya City with the subject of the research being the Directors, Marketing Managers and marketing employees of BPRS Mitra Amanah, while the object is the marketing strategy of gift deposits at BPRS Mitra Amanah. The method used in this research is a qualitative method, using descriptive qualitative methods and the type is field research, which describes the data that has been collected, the method of data collection is to make direct observations to the BPRS Mitra Amanah, then the authors collect as much data about the strategy marketing by interview, observation and documentation.
The results showed the marketing strategy adopted at the BPRS Mitra Amanah used 2 concepts, namely market grouping (segmenting) and marketing mix. As for the constraints faced, namely Competition, public understanding, lack of promotional funds, lack of human resources and lack of utilizing technology, besides that the marketing strategy concept that is carried out is not maximal, namely lacking in determining the target market and positioning the product in the minds of consumers. Due to the lack of a maximum of the strategy used and the constraints faced, making an increase in the number of gift deposit customers at the BPRS Mitra Amanah each year has increased and decreased.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran; |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 03:00 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 03:00 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1883 |
Actions (login required)
View Item |