Strategi rebranding produk pada Bank Muamalat Indonesia kantor cabang Palangka Raya dalam mengikuti tren hijrah

Saputri, Eka Novianti (2019) Strategi rebranding produk pada Bank Muamalat Indonesia kantor cabang Palangka Raya dalam mengikuti tren hijrah. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Eka Novianti Saputri - 1504110030.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin pesat, menharuskan perusahaan untuk berinovasi baik dari segi produk, sistem operasional, prinsip, pelayanan serta strategi dalam pemasaran produk. Bank Muamalat Indonesia merupakan bank murni syariah pertama di Indonesia. Dalam menjalankan bisnisnya untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis, Bank Muamalat melakukan rebranding produk dengan mengikuti tren yang sedang berkembang di Indonesia yaitu tren hijrah. Strategi rebranding ini dilakukan dengan menambahkan label hijrah serta melakukan kampanye dalam tagline #AyoHijrah. Fokus penelitian ini mengenai mekanisme rebranding pada Bank Muamalat Indonesia, penerapan strategi rebranding pada Bank Muamalat Indonesia KC Palangka Raya, dampak strategi rebranding pada Bank Muamalat Indonesua KC Palangka Raya.
Penelitian ini dilakukan pada Bank Muamalat Indonesia KC Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Objek penelitian ini adalah strategi rebranding, Subjek penelitian ini adalah branch manager dan nasabah sebagai informan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian penulis ialah bahwa mekanisme strategi rebranding Bank Muamalat Indonesia mengikuti siklus hidup produk yaitu perkenalan, pengembangan, dewasa, dan penurunan. Penerapan strategi rebranding pada Bank Muamalat Indonesia KC Palangka Raya dapat dikatakan belum berhasil di terapkan hal ini melihat dari fokus strategi pemasaran BMI KC Palangkaraya. Dampak dari penerapan strategi tersebut belum memberikan efek yang besar bagi perusahaan, hal tersebut dapat dilihat dari laporan tahunan dan bulanan BMI yang memperlihatkan laba yang diperoleh BMI terus menurun.

ABSTRACT

The rapid development of the times, requiring companies to innovate both in terms of products, operational systems, principles, services and strategies in the marketing of products. Bank Muamalat Indonesia is the first pure Sharia bank in Indonesia. In running its business to be able to survive the competition, Bank Muamalat rebranding the product by following the emerging trend in Indonesia that is trend migrate. This rebranding strategy is done by adding an immigration label and conducting a campaign in the #AyoHijrah tagline. The focus of this research on rebranding mechanism at Bank Muamalat Indonesia, the implementation of rebranding strategy at Bank Muamalat Indonesia KC Palangka Raya, the impact of rebranding strategy on Bank Muamalat Indonesua KC Palangka Raya.
This research was conducted on Bank Muamalat Indonesia KC Palangka Raya. This research is a field research. The research approach in this study uses a phenomenological approach. The object of this research is rebranding strategy, the subject of this research is branch manager and customer as informant. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The data of the research uses the source triangulation technique.
The results of the authors research is that the mechanism of rebranding strategy of Bank Muamalat Indonesia follows the product life cycle of introduction, development, adult, and decline. Implementation of the rebranding strategy of Bank Muamalat Indonesia KC Palangka Raya can be said to be successful in applying this view from the focus of marketing strategy of BMI KC Palangkaraya. The impact of implementing the strategy has not been a big effect for the company, it can be seen from the BMI annual and monthly reports that show the profit the BMI continues to decline.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Rebanding; Konsep Bank Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 11 Feb 2020 02:44
Last Modified: 11 Feb 2020 02:44
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1881

Actions (login required)

View Item View Item