Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Dengan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Konsep Sistem Gerak Manusia Di MTs Islamiyah Palangka Raya

Riana, Wahyuni (2014) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Dengan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Konsep Sistem Gerak Manusia Di MTs Islamiyah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan (RW).pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Kajian (RW).pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode (RW).pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Hasil (RW).pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Kesimpulan (RW).pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Konsep sistem gerak manusia pada mata pelajaran IPA Terpadu banyak materi yang bersifat hafalan sehingga siswa mudah lupa, merasa bosan, dan tidak bersemangat pada saat pembelajaran berlangsung. Akibatnya sebagian siswa masih menjadi kurang aktif dalam pembelajaran di kelas, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem sistem gerak manusia di MTs Islamiyah Palangka Raya, maka peneliti melakukan perbandingan pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT dengan model pembelajaran STAD yang telah pernah diterapkan di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT dengan model pembelajaran STAD pada konsep sistem gerak manusia di MTs Islamiyah Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian komparatif. Sampel penelitian yaitu kelas VIII A dengan menggunakan model pembelajaran NHT dan kelas VIII B dengan menggunakan model pembelajaran STAD. Pengambilan data hasil belajar dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar (30 item) dan dokumentasi. Data tes hasil belajar dianalisis menggunakan Independen Sample T Test SPSS for windows versi 17,0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran NHT dengan model pembelajaran STAD pada materi sistem gerak manusia di MTs Islamiyah Palangka Raya, hal ini dapat dilihat dari nilai sig = 0,184 lebih besar dari alpha = 0,05 (sig ≥ α = 0,05). Konsep Sistem gerak pada manusia dapat diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran NHT maupun model pembelajaran STAD, sehingga proses pembelajaran lebih menarik, bermakna, dan menjadikan siswa lebih aktif dalam proses belajar

English
The concept of human movement system in integrated science subject has many materials that should be memorized so that students easily forget, get bored, and do not get excited when learning takes place. consequenly, some students are less active in learning in the class. The efforts to improve learning outcomes of the student in the concept of the human movement system at MTs Islamiyah Palangka Raya, the researchers conducted a comparison study using NHT learning model between STAD learning model that have been implemented at the school. This study is intended to know the differences in learning outcomes of the student after using NHT learning model between STAD learning model on the concept of the human movement system in MTs Islamiyah Palangka Raya.
This research used a comparative study. The samples of the study are class VIII A by using NHT learning model and class VIII B using STAD learning model. The data of learning outcomes are taken using test instrument (30 items) and documentation. Data were analyzed using the test results to learn Independent Sample T Test SPSS for windows version 17.0.
The results of the study indicated that there was no difference in student learning outcomes using NHT learning model between STAD learning model in the human movement system in MTs Islamiyah Palangka Raya, this can be seen from the value sig = 0.184 greater than alpha = 0.05 (sig ≥ α = 0.05). The concept of human movement system can be taught using NHT learning model and STAD learning model, making the learning process more interesting, meaningful, and makes the students more active in the learning process

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 14 Sep 2016 07:40
Last Modified: 14 Sep 2016 07:40
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/168

Actions (login required)

View Item View Item