Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan energi kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya

Rusman, Rusman (2017) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan energi kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Rusman - 1201130264.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari kurangnya keaktifan siswa saat proses pembelajaran membuat hasil belajarnya cenderung rendah. Siswa yang kurang aktif akan mempengaruhi cara berpikirnya dalam menyelesaikan soal atau pertanyaan saat proses pembelajaran berlangsung. Pemilihan model inkuiri terbimbing dirasa sangat tepat untuk menumbuhkan keaktifan siswa saat proses pembelajaran. Sehingga mampu menunjang hasil belajar dan kreatifitasnya dalam berpikir.
Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui terdapat tidaknya perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan energi, (2) mengetahui terdapat tidaknya perbedaan berpikir kreatif siswa antara sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan energi, (3) mengetahui terdapat tidaknya hubungan antara hasil belajar dengan berpikir kreatif siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan energi, (4) mengetahui bagaimana pengelolaan guru pada saat diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan energi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan model one-group pretest-posttest design dengan pengambilan sampel menggunakan pupossive sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Palangka Raya. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, tes keterampilan berpikir kreatif, lembar angket berpikir kreatif, dan lembar pengelolaan pembelajaran.
Hasil penelitian: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05; (2) terdapat perbedaan yang signifikan berpikir kreatif siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05; (3) terdapat hubungan antara hasil belajar dengan berpikir kreatif siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan nilai korelasi sebesar 0,455 termasuk dalam kategori cukup dengan taraf signifikansi 0,033 < 0,05; (4) pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan energi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,05 dengam kategori cukup baik.

ABSTRACT

This research shove off from there is lack on student’s activeness when they are in learning process just making their study achievement disposed lowly. The student who is less active will effect their way of thinking on finishing the assignment or questions in learning process. To choose the guided inquiry model is felt to grow the student’s activeness up when they are in learning process. So, it is able to increase the study achievement and their creativity on thinking.
This research is purposed: (1) to know that is there or not the differences of the learning result between before and after the implementing guided inquiry model in energy subject, (2) to know that is there or not the differences of student’s creative thinking between before and after the implementing guided inquiry model in energy subject, (3) to know that there is any relationship between learning result and student’s creative thinking after implementing the guided inquiry model in energy subject, (4) to know the management of teachers at the time of applying the guided inquiry learning model to the learning outcomes and creative thinking of students on the subject of energy.
This research uses quantitative research approach with one-group pretest-posttest model and took the sample by using purpossive sampling, the selected sampling was VII grade. This research was done at SMP Muhammadiyah Palangka Raya. The research instruments that was used are the test of learning result, creative thinking skills test, the questionnaire about creative thinking, and the questionnaire about learning management.
The result of this research were: (1) there is significant difference of student’s learning achievement before and after the implementing guided inquiry model with level of significance 0,000 < 0,05; (2) there is significant difference in the student’s creative thinking before and after the implementing guided inquiry model with level of significance 0,000 < 0,05; (3) there is any relationship between learning result and student’s creative thinking after the implementing guided inquiry model with correlation value 0,455 included in the category enough with a significance level 0,033 < 0,05; (4) the learning management by using guided inquiry model toward learning result and student’s creative thinking at energy subject got the average value 3,05 with good enough category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran;
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 31 Jul 2019 02:43
Last Modified: 31 Jul 2019 02:43
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1628

Actions (login required)

View Item View Item